PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BERBAHASA JAWA PADA SISWA KELAS VIII E SMP N II KARANGMOJO DENGAN MEDIA VIDEO PERMAINAN ANAK TRADISIONAL

Ihwan, Idhanul (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BERBAHASA JAWA PADA SISWA KELAS VIII E SMP N II KARANGMOJO DENGAN MEDIA VIDEO PERMAINAN ANAK TRADISIONAL. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Idhanul Ihwan_072052441075.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BERBAHASA JAWA PADA SISWA KELAS VIII E SMP N II KARANGMOJO DENGAN MEDIA VIDEO PERMAINAN ANAK TRADISIONAL Idhanul Ihwan NIM 07205244175 Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi berbahasa Jawa pada siswa kelas VIII E SMP N II Karangmojo. Keterampilan menulis siswa sebelum diberi tindakan belum berkembang maksimal. Melalui penggunaan media video permainan anak tradisional, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis narasi berbahasa Jawa. Desain penelitian tindakan kelas ini menggunakan desain model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang tersusun dalam satu kesatuan siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali tatap muka. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus. Siswa diberikan kegiatan pratindakan sebelum pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media video permainan anak tradisional. Kegiatan pratindakan bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan observasi, catatan lapangan, tes, wawancara, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas proses, hasil, dan dialogis. Reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media video permainan anak tradisional pada siswa kelas VIII E SMP N II Karangmojo, dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi berbahasa Jawa. Hal itu terbukti dengan adanya peningkatan proses dan peningkatan hasil pembelajaran. Peningkatan proses dapat dilihat berdasarkan semakin aktifnya siswa serta motifasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menulis narasi berbahasa Jawa. Peningkatan tersebut terjadi pada proses pembelajaran yang berlangsung konduktif, harmonis, menghibur, dan menyenangkan siswa. Hal tersebut dipengaruhi dengan adanya penggunaan media pembelajaran berupa video permainan anak tradisional. Media video permainan anak tradisional merupakan media yang dapat menghibur dan merangsang siswa memancing ide-ide, sehingga siswa dapat mengembangkan paragraf, kosa kata siswa semakin bertambah, efisiensi waktu pada kegiatan tes menulis, keaktifan menulis, dan berkembangnya motivasi. Selain itu, peningkatan hasil pembelajaran tampak dari hasil peningkatan nilai rata-rata kelas. Pada kegiatan pratindakan nilai rata-rata kelas sebesar 46,3 dengan persentase ketuntasan 19%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, skor menulis narasi siswa meningkat menjadi 68,3 dengan persentase ketuntasan sebesar 43,7%. Kemudian pencapaian rata-rata nilai terus meningkat menjadi 73,5 pada siklus II dengan persentase ketuntasan sebesar 78% dan siklus tiga mempunyai rata-rata 75,0 dengan persentase ketuntasan 84%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: NARASI, VIDEO PERMAINAN
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 08 Dec 2016 07:14
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44441

Actions (login required)

View Item View Item