Pengembangan Performance Assessment Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Fisika Materi Gerak Lurus.

Setyawan, Andi (2016) Pengembangan Performance Assessment Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Fisika Materi Gerak Lurus. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andi-setyawan-13708251022.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan kontruksi performance assessment peserta didik pada percobaan fisika di sekolah, (2) menghasilkan karakteristik performance assessment peserta didik pada percobaan fisika di sekolah, (3) mengetahui kelayakan instrumen performance assessment peserta didik pada percobaan fisika di sekolah, dan (4) mengetahui hasil kemampuan peserta didik dalam melaksanakan percobaan fisika di sekolah yang dinilai berdasarkan performance assessment pada materi gerak lurus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yakni pengembangan instrumen performance assessment peserta didik pada materi gerak lurus. Tahapan model pengembangan yang dilakukan adalah model 4-D yakni dimulai dengan tahap define, design, develop, dan tahap disseminate. Subjek penelitian tahap disseminate adalah 31 peseta didik kelas X IPA-2 di SMA Bopkri 1 Yogyakarta. Produk pengembangan berupa instrumen performance assessmen yang sudah tervalidasi kemudian digunakan untuk pengambilan data. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis hasil penilaiannya yang meliputi aspek persiapan, pelaksanaan, dan aspek pelaporan. Berdasarkan analisis data, diperoleh beberapa hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, kontruksi format instrumen performance assessment mencakup penilaian aspek persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan yang dilakukan pada saat proses pembelajaran fisika dengan materi gerak lurus yakni GLB dan GLBB berlangsung. Kedua, karakteristik performance assessment peserta didik pada percobaan fisika materi gerak lurus di SMA Bopkri 1 Yogyakarta dilihat dari hasil validitas. Validitas isi produk dengan rerata validitas Aiken’s V sebesar 0,9 / validitas tinggi (pada percobaan GLB) dan 0,899 / validitas tinggi (pada percobaan GLBB) serta valid secara empiris dengan mean INFIT MNSQ sebesar 1,00 (pada percobaan GLB) dan 0,94 (pada percobaan GLBB). Ketiga, instrumen performance assessment peserta didik pada percobaan fisika materi gerak lurus di SMA Bopkri 1 Yogyakarta dinyatakan layak. Keempat, ketercapaian penilaian kinerja peserta didik yang dinilai menggunakan instrumen performance assessment pada percobaan GLB diperoleh rerata nilai 3,50 (aspek persiapan); 3,34 (aspek pelaksanaan), dan 3,40 (aspek pelaporan). Adapun pada percobaan GLBB diperoleh rerata nilai 3,48 (aspek persiapan); 3,33 (aspek pelaksanaan), dan 3,50 (aspek pelaporan).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: performance assessment, fisika, gerak lurus, SMA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 08 Dec 2016 07:22
Last Modified: 08 Dec 2016 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44440

Actions (login required)

View Item View Item