HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO

Sofyan, Argi (2016) HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Argi Sofyan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika bangun ruang kelas IV Sekolah Dasar negeri se-Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD negeri se-Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 378 siswa dengan sampel berjumlah 195 siswa yang diambil secara acak dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data skala psikologi untuk mengumpulkan data motivasi berpretasi siswa dan tes untuk mengukur hasil belajar matematika bangun ruang. Instrumen penelitian ini diujicobakan kepada 69 siswa. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik expert judgment, sedangkan untuk mencari daya beda menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji linieritas dan normalitas. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan skor pencapaian motivasi berprestasi siswa berada dalam kategori sedang yaitu sebesar 81,03% dan skor pencapaian hasil belajar matematika bangun ruang siswa sebesar 68,72% yang berada dalam kategori sedang, sehingga terlihat kedua variabel tersebut sama-sama berada di kategori sedang. Besar korelasi antara variabel motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika bangun ruang adalah 0,679 dan termasuk dalam kategori kuat, yang berarti bahwa motivasi berprertasi berhubungan dengan hasil belajar matematika sebesar 67,9% sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika bangun ruang siswa kelas IV SD negeri se-Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Kata kunci: motivasi berprestasi, hasil belajar matematika bangun ruang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Dec 2016 07:14
Last Modified: 30 Jan 2019 12:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44434

Actions (login required)

View Item View Item