PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA JAWA MENGGUNAKAN MEDIA HANACARAKA FONT KELAS VIII SMP N 4 KALASAN

Yunia Narwati, Feni (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA JAWA MENGGUNAKAN MEDIA HANACARAKA FONT KELAS VIII SMP N 4 KALASAN. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Feni Yunia Narwati_08205241023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA JAWA MENGGUNAKAN MEDIA HANACARAKA FONT KELAS VIII SMP N 4 KALASAN Oleh Feni Yunia Narwati NIM 08205241023 ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan meningkatkan kemampuan menulis aksara Jawa yang dimiliki siswa kelas VIII SMP N 4 Kalasan dengan menggunakaan media pembelajaran hanacaraka font. Media pembelajaran hanacaraka font dipilih sebagai salah satu solusi atau alternatif pilihan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis aksara Jawa yang dimiliki siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP N 4 Kalasan tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan menulis siswa khususnya menulis beraksara Jawa dengan media pembelajaran hanacaraka font. Pelaksanaan tindakan dalam tiga siklus yang terdiri atas satu kali pertemuan tahap pra tindakan, dua kali pertemuan tahap siklus I, dua kali pertemuan tahap siklus II, dua kali pertemuan tahap siklus III. Pengumpulan data diperoleh dengan cara memberikan tes dari beraksara Latin ke dalam beraksara Jawa. Selain itu, data diperoleh melalui angket, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (demokratik, hasil, proses, dan dialogik) dan reliabilitas triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbantuan komputer, yaitu hanacaraka font dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam menulis aksara Jawa. Peningkatan kemampuan menulis siswa dalam menulis aksara Jawa dapat dilihat dari peningkatan prestasi, yakni nilai rata-rata kemampuan menulis aksara Jawa siswa sebelum tindakan atau pra tindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III. Nilai rata-rata sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 58,72; nilai rata-rata pada siklus I sebesar 65,10; nilai rata-rata pada siklus II sebesar 78,75; dan nilai rata-rata pada siklus III sebesar 84,65. Peningkatan proses pembelajaran juga ditandai dengan adanya peningkatan siswa dengan membuat kartu nama dengan hanacaraka font dan siswa lebih bersemangat apabila diberi tugas membuat kata atau kalimat sederhana beraksara Jawa dengan hanacaraka font

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: HANACARAKA FONT, MENULIS AKSARA JAWA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 08 Dec 2016 06:25
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44432

Actions (login required)

View Item View Item