PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TATA KRAMA BERJALAN MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Winarningsih, Eti (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TATA KRAMA BERJALAN MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Eti Winarningsih_08205241048.PDF

Download (33MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TATA KRAMA BERJALAN MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII Oleh: Eti Winarningsih NIM. 08205241048 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tahap pengembangan media pembelajaran tata krama mlampah dengan aplikasi Adobe Flash CS3 Professional, mendeskripsikan kualitas media pembelajaran tata krama mlampah yang dikembangkan dengan aplikasi Adobe Flash CS3 Professional, mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran tata krama mlampah dengan aplikasi Adobe Flash CS3 Professional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu (1) analisis; (2) tahap perancangan media pembelajaran; (3) tahap pengembangan media pembelajaran; (4) tahap validasi; (5) tahap evaluasi. Produk media ini diuji kelayakan oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media melalui validasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, tahap pengembangan media pembelajaran terdiri dari lima tahapan yaitu (1) tahap analisis; (2) tahap perancangan; (3) tahap pengembangan; (4) tahap validasi dan ujicoba; (5) tahap akhir/ evaluasi. Kedua, penilaian kualitas media pembelajaran tata krama mlampah didasarkan pada beberapa hasil penilaian validasi yaitu(1) hasil validasi oleh ahli materi termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan persentase 83,45%; (2) hasil validasi oleh ahli media termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan persentase 82,6%; (3) penilaian oleh guru bahasa Jawa termasuk dalam kategori “baik” dengan persentase 74%; (4) tahap ujicoba dari siswa kelas VII termasuk dalam kategori “sangat setuju” dengan persentase 83,15%. Ketiga, ujicoba dari siswa kelas VII termasuk dalam kategori “sangat setuju” dengan persentase 83,15%. Persentase ketuntasan siswa dalam mengerjakan gladhen pada media mencapai 87,6%. Sesuai dengan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran tata krama mlampah yang dikembangkanmemperoleh tanggapan sangat baik dari siswa dalam membantu proses belajar tata krama mlampah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TATA KRAMA, ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL, SISWA SMP KELAS VII
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 08 Dec 2016 03:38
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44430

Actions (login required)

View Item View Item