WIRANATA, ARDI (2016) FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MURID KELAS II SD KRATON YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.
![]() |
Text
Ardi Wiranata.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kemampuan membaca permulaan murid kelas II SD Negeri Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informasi penelitian ini adalah guru kelas, siswa, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung kemampuan membaca permulaan murid kelas II SD Negeri Kraton di antaranya yaitu tersedianya perpustakaan yang memadai, guru memberi motivasi kepada siswa untuk membaca, guru menggunakan proses pembelajaran yang menarik, bahan bacaan yang cukup, dan lingkungan keluarga. Sedangkan faktor penghambat kemampuan membaca permulaan murid kelas II SD Negeri Kraton di antaranya yaitu sekolah belum maksimal melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menunjang peningkatan kemampuan membaca, sekolah belum memiliki tempat khusus untuk membaca selain di perpustakaan, dan minat yang rendah. Kata kunci: pendukung kemampuan membaca permulaan, penghambat kemampuan membaca permulaan, murid kelas II Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 08 Dec 2016 04:10 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44425 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |