PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PEMBINAAN KETERAMPILAN WARGA BINAAN PEREMPUAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A IROGUNAN YOGYAKARTA

Afriyanti, Afriyanti (2016) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PEMBINAAN KETERAMPILAN WARGA BINAAN PEREMPUAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A IROGUNAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
skripsi_AFRIYANTI_12102241007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan program pemberdayaan perempuan melalui pembinaan keterampilan warga binaan perempuan di Lapas Klas II A Wirogunan Yogyakarta. (2)hasil dari pelaksanaan pembinaan keterampilan untuk warga binaan perempuan di Lapas Klas II A Wirogunan. (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembinaan keterampilan warga binaan perempuan di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Wirogunan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah Petugas Lembaga Pemasyarakatan, pembina teknis/ instruktur dan warga binaan perempuan di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Wirogunan. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan program pemberdayaan perempuan melalui pembinaan keterampilan warga binaan perempuan di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Wirogunan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi, display data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Wirogunan Yogyakarta (1) pemberdayaan perempuan melalui pembinaan keterampilan yang dilakukan oleh Petugas Lembaga Pemasyarakatan dan Pembina Teknis berupa kegiatan pembinaan keterampilan untuk bekal warga binaan perempuan ketika bebas agar mandiri dengan kemampuan yang dimiliki. Pelaksanaan kegiatan meliputi : perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada kegiatan perencanaan dilakukan identifikasi minat, bakat dan potensi yang dimiliki oleh warga binaan perempuan. Pada tahap pelaksanaan, warga binaan diberikan materi dasar sebelum praktek. Kemudian dilakukan evaluasi untuk mengetahui kemampuan warga binaan perempuan (2) hasil pelaksanaan pembinaan keterampilan adalah peningkatan keterampilan, perubahan sikap, perilaku dan motivasi (3) faktor pendukung pelaksanaan pembinaan keterampilan yakni keinginan dari diri warga binaan perempuan, tersedianya sarana dan prasarana serta adanya kepedulian dari Petugas Lembaga Pemasyarakatan dan lembaga diluar Lembaga Pemasyarakatan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya kemampuan pembina teknis, tidak adanya pembagian jadwal pembinaan keterampilan dan pemasaran produk yang belum maksimal. Kata kunci: pembinaan keterampilan, warga binaan, pemberdayaan perempuan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 08 Dec 2016 03:37
Last Modified: 30 Jan 2019 12:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44424

Actions (login required)

View Item View Item