Meningkatkan Keterampilan Berbicara melalui Permainan Sandiwara Boneka Berbasis Saintifik di Kelompok Bermain Citragami Kulonprogo.

Pratiwi, Yekti Nor (2016) Meningkatkan Keterampilan Berbicara melalui Permainan Sandiwara Boneka Berbasis Saintifik di Kelompok Bermain Citragami Kulonprogo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yekti-nor-pratiwi-14704251042.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan permainan sandiwara boneka berbasis saintifik pada peserta didik di kelompok bermain yang kegiatannya meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, serta mengkomunikasikan sebagai metode dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia dini di Kelompok Bermain Citragami Kulonprogo. Jenis peneltitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok Bermain Citragami Kulonprogo tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara penelti, guru kelas, serta kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan meliputi observasi tentang keterampilan berbicara anak setelah kegiatan sandiwara boneka berbasis saintifik. Catatan lapangan digunakan untuk melihat permasalahan yang dihadapi selama pembelajaran permainan sandiwara boneka berbasis saintifik. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi tentang berbagai hal yang memiliki kaitan dengan pelaksanaan pembelajaran. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data siswa dan nama anak Kelompok Bermain Citragami Kulonprogo serta rekaman proses pembelajaran melalui metode bercerita menggunakan sandiwara boneka. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan permainan sandiwara boneka berbasis saintifik meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, serta mengomunikasikan dalam kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Permainan sandiwara boneka berbasis saintifik dapat meningkatkan keterampilan berbicara dari sebelum tindakan sampai dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II yakni sebelum tindakan 22,40%, siklus I mencapai 53,50%, dan siklus II mencapai 77,53%

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, kelompok bermain, permainan sandiwara boneka berbasis saintifik.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Dec 2016 03:02
Last Modified: 09 May 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44421

Actions (login required)

View Item View Item