Efektivitas Model Pembelajaran service learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa ditinjau dari jenis kurikulum.

Adawiyah, Rabiatul (2016) Efektivitas Model Pembelajaran service learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa ditinjau dari jenis kurikulum. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rabiatul-adawiyah-14725251036.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran service learning terhadap (1) kemampuan berpikir kritis siswa, (2) kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran biologi yang ditinjau dari jenis kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretes-postes nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA N 1 Kalasan, SMA N 1 Godean, SMA N 2 Nganglik, SMA N 1 Depok, SMA N 1 Mlati, SMA N 1 Cangkringan. Pengambilan sample menggunakan teknik convenience sampling. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran service learning dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran direct instruction. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa berupa soal uraian yang diberikan sebelum dan sesudah model pembelajaran diterapkan. Analisis data kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif menggunakan analisis kovariansi ANAKOVA pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran service learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, (2) model pembelajaran service learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, (3) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif pada sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 dan sekolah yang menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol serta hasil uji anakova yang menunjukkan kemampuan berpikir kritis memiliki nilai signifikansi (p)<0,05 dan kemampuan berpikir kritis memiliki nilai signifikansi (p)<0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: service learning, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 08 Dec 2016 02:38
Last Modified: 08 Dec 2016 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44416

Actions (login required)

View Item View Item