PENGARUH PRESTASI MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK BANGUNAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Zainal Abidin, Muhammad (2016) PENGARUH PRESTASI MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK BANGUNAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Muhammad Zainal Abidin 09505244018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) prestasi siswa dalam mata pelajaran kewirausahaan yang selama ini didapat di sekolah, (2) minat siswa untuk berwirausaha setelah mend apatkan mata pelajaran kewirausahaan di sekolah, dan (3) pengaruh prestasi mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun/ Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan pe nelitian ex - post facto yang dilakukan di SMK Negeri 3 Yogyakarta pada bulan Agustus 2016. Populasinya adalah siswa kelas XI dari Jurusan Teknik Bangunan, yaitu Jurusan Teknik Gambar Bangunan dan Jurusan Teknik Konstruksi Kayu. Cara pengambilan data diambil dengan metode studi dokumenter dan metode kuesioner (angket). Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgment dan analisis butir menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach . Pengujian hipotesis deng an regresi sederhana, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dengan menggunakan One Sample Kolmogorov - Smirnov test dan uji linearitas menggunaksn uji F. Pengujian dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS v.19 for w indows . Hasil dari penelitian menunjukkan yaitu (1) prestasi siswa dalam mata pelajaran kewirausahaan termasuk dalam kategori cukup, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang mendapat nilai 60 - 75 sebanyak 78 siswa (69,03%). (2) Kecenderungan mi nat siswa untuk berwirausaha termasuk dalam kategori tinggi, yaitu pada nilai 90,27%. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara prestasi mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Teknik Bangunan di SMK N egeri 3 Yogyakarta Tahun/ Ajaran 2015/2016 dengan p = 0,00 < 0,05. Nilai determinan r 2 = 0,060 yang berarti prestasi mata pelajaran kewirausahaan memberikan sumbangan efektif terhadap minat berwirausaha sebesar 6% dan Y=85,514+0,375.X yang berarti apabila nilai presatasi mata pelajaran kewirausahaan meningkat 1 poin, maka pada nilai minat berwirausaha akan bertambah sebesar 0,375 poin. Kata kunci: Prestasi Mata Pelajaran Kewirausahaan, Minat Berwirausaha.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Dec 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 12:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44415

Actions (login required)

View Item View Item