Pengembangan Game Instruksional Berbasis Android Terintegrasi STAD untuk Meningkatkan Efikasi Diri dan Hasil Belajar Kognitif Materi Kesetimbangan Kimia pada Peserta Didik Kelas XI SMA.

Wulandari, Kartika (2016) Pengembangan Game Instruksional Berbasis Android Terintegrasi STAD untuk Meningkatkan Efikasi Diri dan Hasil Belajar Kognitif Materi Kesetimbangan Kimia pada Peserta Didik Kelas XI SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kartika-wulandari-14728251007.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) karakteristik media game instruksional kimia berbasis android pada materi kesetimbangan kimia untuk peserta didik SMA, (2) kualitas media game instruksional kimia berbasis android yang dikembangkan dan (3) perbedaan peningkatan efikasi diri dan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan media game instruksional kimia berbasis android dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan research and development (R&D) yang mengadaptasi model Borg & Gall dan Dick & Carey yang dimodifikasi menjadi lima bagian yaitu studi pendahuluan, analisis kurikulum, pengembangan produk media pembelajaran, evaluasi produk dan diseminasi. Penilaian produk dilakukan oleh satu ahli media, dua ahli materi kimia, lima peer reviewer dan lima pendidik kimia. Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik kelas XI SMA/MA dengan rincian lima peserta didik SMAN 1 Piyungan Bantul untuk uji coba perorangan, 15 peserta didik SMAN 2 Yogyakarta untuk uji coba kelompok kecil, dan 25 peserta didik kelas XI SMAN 1 Cangkringan untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian media, angket efikasi diri, dan soal tes hasil belajar kognitif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Media pembelajaran game instruksional kimia berbasis android yang dikembangkan memiliki karakteristik: materi yang disajikan relevan, produk media fleksibel, visualisasi media menarik dan terinci. (2) Produk media game instruksional kimia berbasis android yang dikembangkan memiliki kriteria kualitas sangat baik berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, peer reviewer, pendidik kimia dan peserta didik SMA, sehingga layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. (3) Terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada efikasi diri dan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan media pembelajaran game instruksional kimia berbasis android dengan pembelajaran konvensional di kelas XI SMAN 1 Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: game instruksional, efikasi diri, hasil belajar, kesetimbangan kimia, android
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Dec 2016 02:13
Last Modified: 09 May 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44411

Actions (login required)

View Item View Item