PENINGKATAN MOTIVASI, KEMANDIRIAN, DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN

Ihtisyamah, Zuhaidah (2016) PENINGKATAN MOTIVASI, KEMANDIRIAN, DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Ihtisyamah Zuhaidah 11520244021.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengimplementasikan model Problem Based Learning pada pelajaran KKPI kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sleman; (2) mengetahui efektifitas Problem Based Learning terhadap motivasi, kemandirian, dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengambilan data penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi, dan tes. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 2 siklus, tiap siklus terdapat 2 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus II dilaksanakan setelah terdapat refleksi dari siklus I, guna perbaikan kualitas siklus. Implementasi PBL dalam proses belajar mengajar menjadi hal baru di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Hasil dari penelitian ini diketahui: (1) keberhasilan implementasi PBL dipengaruhi oleh kemampuan subyek dalam melaksanakan PBL di dalam kelas, pembagian kelompok yang sesuai, dan penyajian masalah yang sesuai; (2) PBL terbukti efektif menigkatkan motivasi, kemandirian, dan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sleman, dapat diketahui dari kenaikan poin aktif berpendapat, poin fokus mengerjakan tugas, poin memperhatikan guru, poin mengajari teman, poin mandiri dalam tugas, poin tuntas dalam tugas, poin inisiatif memimpin, dan poin disiplin mengumpulkan tugas, sedangkan hasil belajar siswa diketahui meningkat dari 52,17% menjadi 69,57% lulus di atas KKM (75). Kata Kunci: PBL, Motivasi, Kemandirian, Hasil Belajar, KKPI

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Dec 2016 07:04
Last Modified: 30 Jan 2019 12:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44409

Actions (login required)

View Item View Item