Triyani, Meli (2016) PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS SISTEM BANK SOAL BERBASIS WEB DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.
|
Text
MELI TRIYANI 10520244052.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan sistem bank soal berbasis web di SMK Muhammadiyah 1 Bantul yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mempermudah guru dalam membuat soal-soal dan mendaur ulang soal-soal yang sudah ada untuk digunakan kembali pada tes berikutnya, dan (2) untuk mengetahui kualitas sistem bank soal berdasarkan model kualitas ISO 9126. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan tiga tahapan utama yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap validasi model dengan metode eksperimen. Pada tahap pengembangan, model pengembangan yang digunakan berdasarkan aturan dalam pengembangan perangkat lunak, yaitu model pengembangan prototipe. Model ini mempunyai empat tahap utama antara lain tahap analisis, desain, implementasi, dan tahap pengujian. Pada tahap pengujian lah kualitas perangat lunak diuji. Kualitas yang diujikan pada penelitian ini sesuai dengan standar ISO 9126, yaitu functionality, reliability, efficiency, usability, maintainability , dan portability . Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem bank soal berbasis web berhasil dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan perangkat lunak prototipe. Sedangkan, hasil analisis kualitas perangkat lunak menggunakan standar ISO 9126 menunjukkan bahwa sistem bank soal berbasis web dinyatakan layak dalam aspek functionality, reliability, usability, efficiency, maintainability , dan portability . Kata kunci: bank soal, perangkat lunak, ISO 9126
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 08 Dec 2016 07:11 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44404 |
Actions (login required)
View Item |