PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU GIZI KELAS X KEAHLIAN PATISERI DI SMK N 1 SEWON BANTUL

Dyah Agustin, Prihatini (2016) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU GIZI KELAS X KEAHLIAN PATISERI DI SMK N 1 SEWON BANTUL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Dyah Agustin Prihatini 12511241036.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan metode problem based learning dengan menggunakan media permainan kartu kata bergambar dalam mata pelajaran ilmu gizi pada siswa kelas X Patiseri, (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas X Patiseri pada mata pelajaran ilmu gizi menggunakan metode problem based learning dengan media permainan kartu kata bergambar, dan (3) aktivitas sikap siswa pada mata pelajaran ilmu gizi dengan menerapkan metode problem based learning di kelas X Patiseri SMK N 1 Sewon. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2016 di Kelas X Patiseri SMK N 1 Sewon. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas X Patiseri berjumlah 32 siswa. Jenis tindakan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes. Uji instrumen dilakukan dengan validitas instrumen dengan hasil layak digunakan untuk penelitian, reliabilitas instrumen menggunakan rumus KR-20 dengan hasil korelasi tinggi yaitu 0.9, analisis tingkat kesukaran butir soal dan daya pembeda soal dengan hasil layak digunakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan metode problem based learning menggunakan media kartu kata bergambar pada mata pelajaran ilmu gizi di siklus pertama terlaksana 94% dengan rincian: 26% kegiatan pendahuluan, 56% kegiatan inti, dan 11% kegiatan penutup. Pada siklus kedua terlaksana 100% dengan rincian: 26% kegiatan pendahuluan, 63% kegiatan inti, dan 11% kegiatan penutup. (2) Metode problem based learning dengan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus pertama, hasil pre test nilai rerata skor 46.0 sedangkan pada hasil post test nilai rerata skor 67.5. Pada siklus kedua, hasil pre test nilai rerata skor 69.3 sedangkan pada hasil post test nilai rerata skor 84.4. Nilai mean siklus pertama dan siklus kedua pada hasil post test menunjukkan peningkatan skor sebesar 16.9 dari skor 67.5 menjadi skor 84.4. Jumlah siswa kategori tuntas juga mengalami peningkatan sebanyak 20 orang dari 12 orang di siklus pertama menjadi 32 orang di siklus kedua. (3) Aktivitas sikap siswa sesuai metode problem based learning berdasarkan hasil observasi juga meningkat. Siklus pertama menunjukkan total keterlaksanaan 80% dengan 40% tahap enactive (perbuatan), 20% tahap iconic (gambar), dan 20% tahap symbolic (bahasa). Siklus kedua menunjukkan total keterlaksanaan 100% dengan 40% tahap enactive, 40% tahap iconic dan 20% tahap symbolic. Kata kunci: problem based learning, hasil belajar, mata pelajaran ilmu gizi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Dec 2016 07:10
Last Modified: 30 Jan 2019 12:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44401

Actions (login required)

View Item View Item