FAKTOR KESULITAN BELAJAR PENERAPAN PRINSIP DESAIN DALAM PEMBUATAN DESAIN BUSANA KERJA WANITA SISWA KELAS X DI SMK N 1 PENGASIH

Verdita, Wanda (2016) FAKTOR KESULITAN BELAJAR PENERAPAN PRINSIP DESAIN DALAM PEMBUATAN DESAIN BUSANA KERJA WANITA SISWA KELAS X DI SMK N 1 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
IWANDAVERDITA 12513241026.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kesulitan belajar penerapan prinsip desain dalam pembuatan desain busana kerja wanita siswa kelas X di SMK N 1 Pengasih, 2) Kesulitan belajar penerapan prinsip keselarasan, 3) Kesulitan belajar penerapan prinsip perbandingan, 4) Kesulitan belajar penerapan prinsip keseimbangan, 5) Kesulitan belajar penerapan prinsip irama 6) Kesulitan belajar penerapan prinsip pusat perhatian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Busana Butik yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik non probability sampling yakni sampling jenuh atau semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan non tes dengan menggunakan tes diagnostik yang terdiri dari tes uraian (tes), tes sikap (non tes) dan tes unjuk kerja (non tes). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif presentase. Uji validitas instrument tes uraian, tes sikap dan lembar unjuk kerja menggunakan validitas isi dengan pendapat dari 3 judgement expert dan validitas konstruk dengan rumus korelasi product moment dari Pearson. Uji reliabilitas instrument menggunakan inter-rater reliability dari 3 rater dengan percent of agreement sebesar 100%, dan rumus alpha cronbach pada tes uraian sebesar 0,626, tes sikap sebesar 0,976 dan tes unjuk kerja sebesar 0,802. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas X di SMK N 1 Pengasih dalam menerapkan prinsip desain pada pembuatan desain busana wanita berdasarkan perolehan nilai rerata sebesar 49,85 termasuk pada kategori sulit 2) Kesulitan belajar penerapan prinsip desain dalam pembuatan desain busana kerja wanita ditinjau dari kesulitan belajar penerapan prinsip keselarasan berdasarkan perolehan nilai rerata sebesar 8,13 termasuk pada kategori sulit, 3) prinsip perbandingan berdasarkan perolehan nilai rerata 7,81 termasuk pada kategori sangat sulit, 4) prinsip irama berdasarkan perolehan nilai rerata sebesar 9,53 termasuk pada kategori sulit, 5) prinsip keseimbangan berdasarkan perolehan nilai rerata sebesar 9,06 termasuk pada kategori sulit, 6) prinsip pusat perhatian berdasarkan perolehan nilai rerata 7,19 termasuk pada kategori sangat sulit. Faktor kesulitan belajar yang paling banyak menghambat siswa dalam menerapkan prinsip desain dalam pembuatan desain busana kerja wanita terletak pada kesulitan menerapkan prinsip keselarasan dan prinsip perbandingan. Kata kunci : kesulitan belajar, prinsip desain, desain busana kerja wanita

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Dec 2016 06:53
Last Modified: 30 Jan 2019 12:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44395

Actions (login required)

View Item View Item