Anggun, Mahardhika (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG INFORMASI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI OTOMOTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NASIONAL BERBAH. S1 thesis, fakultas Teknik.
|
Text
Anggun Mahardika 13504247002 belum eprint.pdf Download (591kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran empiris pengetahuan siswa tentang informasi perkembangan teknologi otomotif siswa SMK Nasional Berbah; (2) gambaran empiris motivasi belajar siswa SMK Nasional Berbah; (3) hubungan pengetahuan siswa tentang informasi perkembangan teknologi otomotif terhadap motivasi belajar siswa SMK Nasional Berbah. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Ex Post Facto dengan subyek penelitian siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Nasional Berbah pada Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 97 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji coba instrumen dilakukan di SMK Diponegoro Depok yang berjumlah 34 siswa dengan hasil uji validitas dari 31 butir pernyatan dinyatakan 1 butir pernyataan dinyatakan gugur atau tidak valid, sehingga hanya 30 butir pernyataan yang dipakai. Sedangkan hasil uji reliabilitas pada variabel informsi perkembangan teknologi otomotif sebesar 0,840 dan variabel motivasi belajar sebesar 0,815, nilai tersebut lebih besar dari nilai Cronbach’s Alpha 0,600 maka jawaban responden dinyatakan reliabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) gambaran empiris pengetahuan siswa tentang perkembangan teknologi otomotif siswa SMK Nasional Berbah berada pada taraf cukup yaitu sebesar 91,86% dengan jumlah frekuensi siswa sebanyak 79 dari 86 siswa; (2) gambaran empiris motivasi belajar siswa SMK Nasional Berbah dalam tingkat cukup yaitu sebesar 80,2% dengan jumlah frekuensi siswa sebanyak 69 dari 86 siswa; (3) hubungan pengetahuan siswa tentang informasi perkembangan teknologi otomotif terhadap motivasi belajar siswa SMK Nasional Berbah dinyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan, hal tersebut ditunjukan dengan nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,499 lebih besar daripada rtabel 0,213 (0,499 > 0,213). Koefisien korelasi (r) menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan yang menunjukan bahwa variabel pengetahuan siswa tentang informasi perkembangan teknologi otomotif mempengaruhi motivasi belajar. Kata kunci: Informasi Perkembangan Teknologi Otomotif, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 08 Dec 2016 06:50 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44394 |
Actions (login required)
View Item |