PENGEMBANGAN CROSSWORD PUZZLE ACCOUNTING (CPA) BERBASIS ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Widiastuti, Enik (2016) PENGEMBANGAN CROSSWORD PUZZLE ACCOUNTING (CPA) BERBASIS ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Enik Widiastuti_12803244068.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan Crossword Puzzle Accounting (CPA) berbasis elektronik sebagai media pembelajaran Akuntansi untuk siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. 2) mengetahui kelayakan produk Crossword Puzzle Accounting (CPA) berbasis elektronik sebagai media pembelajaran Akuntansi untuk siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 berdasarkan validasi/penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran akuntansi. 3) mengetahui pendapat/respon siswa mengenai penggunaan Crossword Puzzle Accounting (CPA) berbasis elektronik sebagai media pembelajaran Akuntansi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) namun hanya dilaksanakan pada tahap implementasi. Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran Akuntansi dan diujicobakan kepada 32 siswa kelas X Ak 2 SMK N 1 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Analysis, berdasarkan analisis produk yang sesuai untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran dalam materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang adalah Crossword Puzzle Accounting (CPA) berbasis elektronik. 2) Design, pada tahap ini peneliti membuat desain media (storyboard); penyusunan materi, soal dan jawaban; pengumpulan dan pembuatan background, gambar, dan tombol; perangkat keras dan lunak yang dibutuhkan serta penyusunan instrumen penilaian media dilanjutkan ke tahap pengembangan media. 3) Development, pada tahap ini dilakukan pembuatan media, validasi ahli materi dan ahli media, revisi media, dan validasi oleh guru Akuntansi. Tingkat kelayakan media pembelajaran Crossword Puzzle Accounting (CPA) berdasarkan penilaian: (1) ahli materi diperoleh rata-rata 4,36 termasuk kategori “Sangat Layak” (2) ahli media diperoleh rata-rata 4,26 termasuk kategori “Sangat Layak” (3) praktisi pembelajaran Akuntansi diperoleh rata-rata 4,38 termasuk kategori “Sangat Layak”. 4) Implementation, pada tahap ini media memperoleh presentase ≥ 65% dari siswa yang berarti media mendapat respon positif. Siswa berpendapat bahwa media dikemas dengan menarik, soal disampaikan dengan jelas, mendorong rasa ingin tahu, menambah pemahaman Akuntansi, dan menambah motivasi belajar Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning Media, Crossword Puzzle Accounting (CPA), Electronic-Based Media, ADDIE.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 08 Dec 2016 01:11
Last Modified: 30 Jan 2019 12:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44390

Actions (login required)

View Item View Item