PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN DAN PEMAHAMAN PROSEDUR PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMENUHI KEWAJIBAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB P2) DI KOTA MAGELANG TAHUN 2015

Guntur, Jati Wijayanto (2016) PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN DAN PEMAHAMAN PROSEDUR PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMENUHI KEWAJIBAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB P2) DI KOTA MAGELANG TAHUN 2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Sosialisasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban PBB P2 di Kota Magelang 2015 (2) Pengaruh Pemahaman Prosedur Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban PBB P2 di Kota Magelang 2015 (3) Pengaruh Sosialisasi Perpajakan dan Pemahaman Prosedur Pajak secara bersama sama terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban PBB P2 di Kota Magelang 2015. Penelitian ini termasuk penelitian explanatory dengan unit analisis yang diteliti adalah wajib pajak PBB P2 di 3 kecamatan Kota Magelang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian survei dengan sampel sebanyak 100 wajib pajak yang memenuhi kriteria yang di tentukan. Angket diuji validitas dan reabilitas sebelum dilakukan pengumpulan data penelitian. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Metode analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Sosialisasi Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib pajak, yang ditunjukan dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,035 sedangkan P value < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,006 < 0,05. (2) Pemahaman Prosedur Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, yang ditunjukan dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,072 sedangkan P value < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,007 < 0,05. (3) Sosialisasi Perpajakan dan Pemahaman Prosedur Perpajakan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak yang ditunjukan dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,119 dan nilai p value < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,002 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi Perpajakan, Pemahaman Prosedur Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 08 Dec 2016 00:55
Last Modified: 30 Jan 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44379

Actions (login required)

View Item View Item