PUPUT TRIJAYA�TI, PUPUT TRIJAYA�TI (2014) LAPORA� I�DIVIDU PRAKTIK PE�GALAMA� LAPA�GA� (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
![]() |
Text
103.docx Download (10kB) |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2014 yang berlokasi di SLB Negeri 1 Bantul telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 2 Juli - 17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 25 mahasiswa dari 1 program studi yang terbagi menjadi 3 macam kekhususan. Kekhususan tunarungu 9 mahasiswa, kekhususan Tunadaksa 6 orang dan kekhususan Autis 10 orang. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Serta sebagai sarana untuk mengimplementasikan berbagai teori yang telah diperoleh ketika menempuh bangku perkuliah. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, penyusunan daftar nilai serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 18 Agustus 2014 sampai dengan 10 September2014, dilakukan sebanyak 10 kali pertemuan yang terbagi pada kelas TK hingga kelas 6 SD sesuai dengan jadwal yang disusun pihak sekolah. Pokok bahasan yang diberikan disesuaikan dengan materi yang diberikan guru kelas maupun guru pengampu mata pelajaran. Diantaanya yaitu pokok bahasan Bahasa, Matematika, IPA, IPS, PKN, Pendidikan Agama, dan BKPBI. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing, koordinator PPL dan dosen pembimbing lapangan, serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL yakni praktikan masih kurang terampil dalam penguasaan kelas, selama pembelajaran berlangsung seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa dan mengkondisikan kelas terutama saat menerangkan materi karena sebagian siswa yang tidak memperhatikan. Oleh karenanya praktikan perlu menciptakan ide dan keatifitas dalam menyusun materi dan media agar peseta didik memiliki ketetarikan yang kebih tinggi dalam mengikuti pembelajaran seta mampu memberikan umpan balik sesuai dengan yang diharapkan praktikan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 23:33 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44367 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |