NGALAP BERKAH SYEKH JAMBUKARANG UNTUK MERAIH NGELMU BEGJA DALAM MASYARAKAT JAWA

Dwi Ratnafuri, Anggun (2012) NGALAP BERKAH SYEKH JAMBUKARANG UNTUK MERAIH NGELMU BEGJA DALAM MASYARAKAT JAWA. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Anggun Dwi Ratnafuri 08205241013 .pdf

Download (44MB) | Preview

Abstract

Ngalap Berkah Syekh Jambukarang Untuk Meraih Ngelmu Begja Dalam Masyarakat Jawa Oleh Anggun Dwi Ratnafuri NIM 08205241013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan asal-usul Ritual Ngalap Berkah Syekh Jambukarang, proses pelaksanaan, makna simbolik sesaji serta fungsi ritual Ngalap Berkah Syekh Jambukarang bagi masyarakat pendukungnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi berpartisipasi dan wawancara mendalam dengan juru kunci yang mengetahui proses ritual Ngalap Berkah Syekh Jambukarang dan juga pihak-pihak yang berhubungan langsung dengan tradisi ritual Ngalap Berkah Syekh Jambukarang. Instrument penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan didukung oleh alat bantu penelitian berupa alat perekam, kamera, dan alat tulis. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data induktif. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa, asal usul tradisi ritual Ngalap Berkah Syekh Jambukarang di Petilasan Ardilawet berawal dari kisah Pangeran Atas Angin yang beradu kesaktian dengan Syekh Jambukarang di Gunung Lawet pada saat mencari cahaya putih berjumlah 3 buah yang kemudian Syekh Jambukarang berpindah keyakinan dari agama Hindu ke agama Islam. Prosesi ritual dibagi menjadi dua tahap yaitu, 1) tahap persiapan berupa persiapan tempat ritual dan persiapan sesaji, 2) tahap pelaksanaan berupa berdoa bersama-sama yang dipimpin oleh juru kunci dan menaburkan bunga di atas makam. Berbagai ubarampe yang digunakan dalam ritual Ngalap Berkah Syekh Jambukarang memiliki makna simbolik yang sebagian besar untuk kelancaran prosesi ritual. Selain itu, pelaksanaan ritual Ngalap Berkah Syekh Jambukarang juga memiliki beberapa fungsi bagi masyarakat pendukungnya, yaitu fungsi sosial berupa terjalinnya tali silaturahmi, fungsi ekonomi dapat meningkatkan penghasilan warung, fungsi spiritual berupa pelaksanaan beberapa prosesi doa-doa ritual yang dapat meningkatkan rejeki dan nikmat Tuhan YME, serta fungsi pelestarian tradisi yang dapat melestarikan tradisi leluhur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat masih melakukan tradisi ritual Ngalap Berkah Syekh Jambukarang karena masih memiliki nilai kebaikan bagi masyarakat pendukungnya sebagai sarana Ngalap berkah untuk memperoleh kebahagiaan hidup (kabegjan).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ngalap Berkah, Syekh Jambukarang, Ngelmu Begja
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 07 Dec 2016 06:45
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44362

Actions (login required)

View Item View Item