PERBANDINGAN PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING DAN KONVENSIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MENYUKE KABUPATEN LANDAK KALIMANTAN BARAT

Soni, Ivana Dora (2016) PERBANDINGAN PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING DAN KONVENSIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MENYUKE KABUPATEN LANDAK KALIMANTAN BARAT. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi Ivana.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan belajar prestasi kimia sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran pendekatan inkuiri terbimbing dan pendekatan konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Menyuke tahun ajaran 2015/2016 untuk materi pembelajaran reaksi redoks. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah two groups pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 2 Menyuke, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat dengan jumlah siswa yang digunakan dalam penelitian sebanyak 95 siswa yang terbagi dalam 3 kelas (XA, XB dan XC). Sampel penelitian adalah kelas XA (pendekatan inkuiri terbimbing) dan kelas XB (pendekatan konvensional). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji t sampel berpasangan (Paired Sample t Test) dan uji t sampel independen (Independent Samples t Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi dan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 2 Menyuke sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing maupun pendekatan konvensional. Hasil penelitian menunjukkan pula bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi dan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 2 Menyuke yang sudah mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan siswa yang sudah mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 Dec 2016 07:29
Last Modified: 30 Jan 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44359

Actions (login required)

View Item View Item