SINTESIS MEMBRAN ELEKTROLIT SELULOSA ASETAT DARI DAUN PANDAN LAUT (Pandanus tectorius) DENGAN PEMLASTIS DIMETIL FTALAT UNTUK APLIKASI BATERAI ION LITIUM

Iriyanti, Apriliyani Dwi (2016) SINTESIS MEMBRAN ELEKTROLIT SELULOSA ASETAT DARI DAUN PANDAN LAUT (Pandanus tectorius) DENGAN PEMLASTIS DIMETIL FTALAT UNTUK APLIKASI BATERAI ION LITIUM. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI_APRILIYANI%20DWI%20IRIYANTI_12307144034.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh DMP terhadap nilai konduktivitas serta mengetahui karakter membran elektrolit selulosa asetat. Subjek penelitian ini adalah selulosa asetat hasil sintesis dari daun pandan laut sedangkan objeknya adalah konduktivitas, gugus fungsi, dan foto permukaan dari membran elektrolit selulosa asetat. Selulosa diisolasi dari daun pandan laut dan diasetilasi dengan asam asetat anhidrida dengan menggunakan katalis asam sulfat pekat. Pembuatan membran menggunakan metode casting larutan polimer dengan pen-doping-an garam litium 35% dan penambahan pemlastis DMP dengan komposisi 10%, 15%, 20%, 25%, dan 30%. Nilai konduktivitas membran didapatkan dari Elkahfi 100, analisis gugus fungsi menggunakan FTIR, dan analisis foto permukaan menggunakan mikroskop optik. Semakin tinggi komposisi DMP, konduktivitas membran cenderung meningkat dan konduktivitas optimum diperoleh pada komposisi DMP 25% Sebesar 2,44x10-2 Scm-1. Berdasar analisis FTIR menunjukkan adanya gugus OH, C=O, dan C=C aromatik. Foto permukaan menunjukkan membran yang paling homogen adalah pada komposisi DMP 25%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 Dec 2016 04:48
Last Modified: 30 Jan 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44356

Actions (login required)

View Item View Item