KEMAMPUAN MEMPARAFRASEKANTEKS TEMBANG MACAPAT SISWA KELAS II SLTPNEGERI 1 KLATEN

Ardiana, Achsa (2013) KEMAMPUAN MEMPARAFRASEKANTEKS TEMBANG MACAPAT SISWA KELAS II SLTPNEGERI 1 KLATEN. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Achsa Ardiana_08205241030.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

KEMAMPUAN MEMPARAFRASEKAN TEKS TEMBANG MACAPAT SISWA KELAS II SLTP NEGERI 1 KLATEN Oleh Achsa Ardiana NIM 08205241030 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa kelas II SLTP Negeri 1 Klaten dalam memparafrasekan teks tembang Macapat. Kemampuan memparafrasekan teks tembang Macapat diukur berdasarkan kelima variabelnya, yaitu kemampuan kesesuaian isi, organisasi isi, kosakata, bahasa, dan penulisan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SLTP Negeri 1 Klaten dari populasi 300 siswa, diambil sampel sejumlah 77 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling kelompok berimbang acak (proportional random sampling). Pengumpulan data diperoleh dengan tes. Media yang digunakan adalah media audio, yaitu rekaman tembang Macapat yang menjadi materi tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas isi dan validitas hasil. Penelitian ini menggunakan reliabilitas stabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan kemampuan siswa kelas II SLTP Negeri 1 Klaten dalam memparafrasekan teks tembang Macapat sebagai berikut: kesesuian isi 81.17% (baik), organisasi isi 80.45% (baik), penggunaan kosakata 77.73% (baik), penggunaan bahasa 75.12% (baik), dan kemampuan dalam penulisan 78.57% (baik). Diperoleh rerata keseluruhan variabel kemampuan sebesar 78.61% (baik). Angka tersebut menunjukan kemampuan siswa dalam memparafrasekan teks tembang Macapat tergolong baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MEMPARAFRASEKAN TEKS, TEMBANG MACAPAT, SLTP NEGERI 1 KLATEN
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 07 Dec 2016 03:59
Last Modified: 30 Jan 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44352

Actions (login required)

View Item View Item