PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI PUISI MELALUI DESAIN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK

Hermawan, Unjung (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI PUISI MELALUI DESAIN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Unjung Hermawan_05201244092.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI PUISI SISWA MELALUI DESAIN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA KELAS IX SMP MUHAMADIYAH 2 DEPOK (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas) Oleh Unjung Hermawan ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan Apresiasi puisi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Depok dalam Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia melalui penerapan desain pembelajaran kooperatif team game tournament.. Subjek penelitian yang yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Depok tahun ajaran 2011/20012. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Pada siklus pertama, implementasi tindakan dengan desain TGT dilaksanakan satu kali pertemuan. Siklus II menggunakan desain yang sama seperti desain pembelajaran yang dilakukan pada siklus I. Pada setiap siklus lebih menekankan pada aspekaspek yang membangun musikalisasi dalam apresiasi, antara lain nada, melodi, irama, tangga nada, tempo, dinamik, ekspresi, harmoni, dan bentuk lagu. Setelah siklus I dan II dilaksanakan, diadakan postest. Postest dilaksanakan untuk membandingkan hasil pembelajaran dengan desain kooperatif TGT. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan apresiasi puisi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pretes, siklus I dan siklus II. Pertama, berdasrkan prates di peroleh hasil dengan nilai rata-rata 52. Kedua, berdasarkan siklus I diperoleh hasil dengan nilai rata-rata 58. Ketiga, berdasarkan siklus II diperoleh nilai rata-rata 59,11. Hasil ini menunjukkan kenaikan sebesar 6% dari pretes ke siklus I, dan naik sebesar 1.11% dari siklus I ke siklus II. Hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan apresiasi membuat musikalisasi puisi setelah dilaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PUISI, KOOPERATIF TIPE TGT, SMP MUHAMADIYAH 2 DEPOK
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 Dec 2016 03:33
Last Modified: 30 Jan 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44351

Actions (login required)

View Item View Item