PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK N 1 PLERET

Dian, Cahyo (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK N 1 PLERET. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIAN CAHYO_17.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kebutuhan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran gambar teknik di SMK N 1 Pleret, (2) membuat multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran gambar teknik di SMK N 1 Pleret, (3) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif untuk pembelajaran siswa di SMK N 1 Pleret. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian dan Pengembangan (Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model penelitian Borg dan Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Pulitjaknov. Prosedur pembuatan media ini meliputi (1) membuat desain produk yang dikembangkan, (2) mengumpulkan bahan-bahan pendukung untuk materi gambar teknik, (3) finishing, (4) penilaian media oleh ahli media dan materi, (5) revisi tahap 1, (6) uji coba skala kecil dan revisi tahap 2, (7) uji coba skala besar. Pengembangan produk ini menggunakan software Macromedia Flash Professional 8. Data produk berupa data kualitatif yang didapat dari saran dan masukan ahli media, ahli materi, guru dan siswa, serta berupa data kuantitatif yang berasal dari penilaian ahli media, ahli materi, guru dan siswa. data dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) Kebutuhan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran gambar teknik di SMK N 1 Pleret belum terpenuhi, dari keseluruhan materi yang belum terpenuni adalah alat-alat gambar, jenis dan fungsi garis, etiket gambar, identifikasi simbol-simbol kelistrikan, proyeksi, gambar 3D dan membaca wiring diagram kelistrikan. Soal latihan yang belum terpenuhi mengenai identifikasi simbol-simbol kelistrikan, gambar 3D dan membaca wiring diagram kelistrikan. (2) Pembuatan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran gambar teknik langkah-langkahnya meliputi membuat desain produk yang dikembangkan, mengumpulkan bahan-bahan pendukung untuk materi gambar teknik, finishing, penilaian media oleh ahli media dan materi, revisi tahap 1, uji coba skala kecil dan revisi tahap 2, uji coba skala besar (3) Hasil kelayakan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran gambar teknik dengan menggunakan software Macromedia Flash Professional 8 sebagai berikut: penilaian ahli media diperoleh persentase kelayakan 84% atau sangat layak, penilaian ahli materi diperoleh persentase kelayakan 91% atau sangat layak, penilaian guru diperoleh persentase kelayakan 87% atau sangat layak, penilaian uji coba lapangan skala kecil diperoleh persentase kelayakan 84% atau sangat layak, penilaian uji coba lapangan skala besar diperoleh persentase kelayakan 85% atau sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut bahwa multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran gambar teknik pada Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 1 Pleret sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: pengembangan multimedia pembelajaran, gambar teknik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Dec 2016 06:09
Last Modified: 30 Jan 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44349

Actions (login required)

View Item View Item