PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PROGRAM SEKOLAH LIMA HARI (PS5H) DI SMK NEGERI 1 MAGELANG

Muthiah, Ikhwandhia (2016) PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PROGRAM SEKOLAH LIMA HARI (PS5H) DI SMK NEGERI 1 MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Muthiah Ikhwandhia 17.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan persepsi guru dan siswa terhadap efektivitas pembelajaran dengan Program Sekolah Lima Hari (PS5H) di SMK Negeri 1 Magelang. Adapun efektivitas pembelajaran dalam penelitian ini dikelompokkan dalam tiga aspek yaitu pelaksanaan pembelajaran, pengelolaan waktu, dan hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner tertutup, dengan jumlah sampel guru sebanyak 119 guru dan sampel siswa sebanyak 300 siswa dengan teknik pengambilan sampel Proportionate Stratified Random Sampling. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment, dan uji reliabilitas instrumen menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan untuk penggolongan kecenderungan dibedakan menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Pengolahan data menggunakan bantuan program SPSS.22 dan Microsoft Excel 2013. Hasil penelitian ini persepsi guru secara keseluruhan termasuk dalam kategori tinggi sebesar 95,80% yang meliputi aspek berdasarkan pelaksanaan pembelajaran 97,48%, berdasarkan pengelolaan waktu sebesar 81,51%, dan berdasarkan hasil pembelajaran sebesar 75,63%, sedangkang 4,20% dalam kategori sedang, hal ini menunjukkan hampir semua guru mampu melaksanakan pembelajaran hanya saja masih ada beberapa yang belum maksimal dikarenakan performa mengajar guru dalam pembelajaran yang menurun serta perlu adanya kreativitas mengembangkan metode pembelajaran khusus di jam sore hari. Persepsi siswa secara keseluruhan termasuk dalam kategori sedang sebesar 83,23% yang meliputi aspek berdasarkan pelaksanaan pembelajaran 50,67%, berdasarkan pengelolaan waktu sebesar 55,00%, dan berdasarkan hasil pembelajaran sebesar 53,67%, sedangkang 17,67% termasuk dalam kategori tinggi, hal ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran siswa mampu mengikuti pembelajaran hanya masih belum maksimal dikarenakan performa belajar siswa dalam pembelajaran yang menurun khususnya di jam sore hari. Kata Kunci: persepsi guru dan siswa, efektivitas pembelajaran dan Program jj Sekolah Lima Hari (PS5H)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Dec 2016 06:09
Last Modified: 30 Jan 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44344

Actions (login required)

View Item View Item