PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 PURWANEGARA, BANJARNEGARA

ASTUTI, WAHYUNI (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 PURWANEGARA, BANJARNEGARA. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Wahyuni Astuti_08201244071.pdf

Download (38MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 PURWANEGARA, BANJARNEGARA Oleh Wahyuni Astuti NIM 08201244071 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama melalui media film dokumenter pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Purwanegara, Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflecting). Tindakan penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Pengumpulan data diperoleh melalui angket, catatan lapangan, dan lembar pengamatan. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif yang mencakup analisis data proses dan data produk atau hasil. Data kuantitatif dievaluasi dengan menggunakan pedoman penilaian penulisan naskah drama. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas demokratik, validitas proses, dan validitas dialogis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor penulisan naskah drama pratindakan sebesar 63,72. Pada siklus I rata-rata skor penulisan naskah drama sebesar 72,72, yang berarti kemampuan penulisan naskah drama meningkat sebesar 9. Kemampuan penulisan naskah drama siswa juga mengalami peningkatan sebesar 5,87 yaitu dari skor 72,72 menjadi 78,78 pada akhir siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mulai dari awal tindakan hingga sesudah tindakan skor kemampuan penulisan naskah drama telah mengalami peningkatan sebesar 14,87 yaitu dari skor 63,72 menjadi 78,78. Hambatan dalam menulis naskah drama dapat diatasi dengan menggunakan media film dokumenter sehingga siswa dapat mengumpulkan ide atau data, bertukar pengalaman, berbincang sesama siswa, dan menyelesaikan masalah bersama. Media film dokumenter mempermudah siswa dalam penulisan naskah drama. Selain itu, terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Purwanegara, Banjarnegara. Siswa menjadi lebih berani bertanya, menjawab pertanyaan, berantusias dan kosentrasi belajar saat pembelajaran menulis naskah drama berlangsung. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa media film dokumenter dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Purwanegara, Banjarnegara dalam menulis naskah drama. Kata kunci: penulisan naskah drama, media film dokumenter, siswa SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penulisan naskah drama, media film dokumenter, siswa SMA.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 Dec 2016 02:33
Last Modified: 07 Dec 2016 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44341

Actions (login required)

View Item View Item