UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR IKLAN TELEPON SELULER PADA SISWA KELAS XE SMA NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

MANTIKA, VITTA (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR IKLAN TELEPON SELULER PADA SISWA KELAS XE SMA NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Vitta Mantika_07201244062.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR IKLAN TELEPON SELULER PADA SISWA KELAS XE SMA NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA oleh VITTA MANTIKA ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis persuasi dengan menggunakan media gambar iklan telepon seluler pada siswa kelas XE SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Penggunaan media gambar iklan telepon seluler dapat membantu siswa dalam menulis persuasi karena di dalam media tersebut terdapat sejumlah informasi seperti kegunaan, kelebihan, kemewahan, kepraktisan, dan lain sebagainya atas suatu produk yang ditawarkan. Dengan demikian, siswa akan terbantu dalam membujuk pembaca untuk memilih produk yang ditawarkan. Subjek penelitian yang dikenai penelitian adalah siswa kelas XE SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Siklus I dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan dan siklus II juga dilakukan tiga kali pertemuan. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan menulis persuasi dengan menggunakan media gambar iklan telepon seluler. Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya perubahan-perubahan ke arah perbaikan, baik yang terkait dengan guru maupun siswa. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut. (1) penggunaan media gambar iklan telepon seluler dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menulis persuasi yang ditunjukkan oleh adanya keaktifan siswa, antusias dan semangat dari siswa, dan fokus siswa kepada pembelajaran. Pada tahap pratindakan, siswa terlihat malas dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu mereka juga lebih suka bercanda dan bermain-main dan kurang memperhatikan penjelasan dari guru. Pada tahap siklus I siswa yang malas dan kurang bersemangat mulai berkurang. Siswa yang bercanda dan main-main juga mulai berkurang. Pada tahap siklus II, siswa lebih memperhatikan pembelajaran, tidak bermain-main, bercanda, dan bersenda gurau. Siswa juga lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. (2) pemanfaatan media gambar iklan telepon seluler dalam pembelajaran menulis persuasi dapat meningkatkan keterampilan menulis persuasi dari segi produk atau hasil. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor hasil menulis persuasi siswa pada setiap siklus. Peningkatan hasil atau produk dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata keterampilan menulis persuasi siswa pada setiap siklus yang dilihat dari aspek penilaian, yakni aspek isi, organisasi, penggunaan bahasa, kosakata, dan mekanik. Skor rata-rata siswa pada tahap pratindakan adalah 71,20, pada saat siklus I meningkat menjadi 73,49, dan pada siklus II meningkat menjadi 76,70. Peningkatan skor akhir siklus I dan siklus II adalah 3,21. Dengan demikian, keterampilan menulis persuasi siswa kelas XE SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun produk setelah diberi tindakan menggunakan media gambar iklan telepon seluler.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MENULIS, MEDIA GAMBAR
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 Dec 2016 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 12:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44339

Actions (login required)

View Item View Item