HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SAINS DAN PERSEPSI TERHADAP SISTEM KELISTRIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISTEM KELISTRIKAN

Kiswanto, Kiswanto (2016) HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SAINS DAN PERSEPSI TERHADAP SISTEM KELISTRIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISTEM KELISTRIKAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Kiswanto_17.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) hubungan prestasi belajar mata pelajaran sains dengan prestasi belajar sistem kelistrikan siswa kelas XII jurusan Otomotif di SMK PIRI Sleman, (2) hubungan persepsi terhadap sistem kelistrikan dengan prestasi belajar sistem kelistrikan siswa kelas XII jurusan Otomotif di SMK PIRI Sleman, (3) hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran sains dan persepsi terhadap sistem kelistrikan dengan prestasi belajar sistem kelistrikan siswa kelas XII jurusan Otomotif di SMK PIRI Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XII jurusan Otomotif di SMK PIRI Sleman sebanyak 89 siswa. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian diketahui (1) terdapat hubungan prestasi belajar mata pelajaran sains terhadap prestasi belajar sistem kelistrikan yang dibuktikan dengan nilai rhitung 0,434 lebih besar dari pada rtabel dengan taraf kesalahan sebesar 5% dan N sebanyak 89 responden sebesar 0,207, (2) Terdapat hubungan persepsi siswa terhadap sistem kelistrikan dengan prestasi belajar sistem kelistrikan yang dibuktikan dengan hasil rhitung 0,314 lebih besar dari pada rtabel dengan taraf kesalahan sebesar 5% dan N sebanyak 89 responden sebesar 0,207, (3) terdapat hubungan prestasi belajar mata pelajaran sains dan persepsi terhadap sistem kelistrikan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sistem kelistrikan siswa dibuktikan dengan nilai Fhitung 10,40 lebih besar dari pada Ftabel dengan taraf kesalahan sebesar 5% dan N sebanyak 89 responden a sebesar 3,11. Kata kunci : prestasi belajar mata pelajaran sains, persepsi terhadap sistem kelistrikan, prestasi belajar sistem kelistrikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Dec 2016 06:09
Last Modified: 30 Jan 2019 12:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44335

Actions (login required)

View Item View Item