PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH (MPMBS) DI SMK N3 YAOGYAKARTA

Kismanto, Kismanto (2016) PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH (MPMBS) DI SMK N3 YAOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Kismanto_17.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai partisipasi komite sekolah dalam implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) di SMK N 3 Yogyakarta yang difokuskan pada peran sebagai badan pertimbangan, badan pendukung, badan pengontrol, serta badan penghubung dari komite sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan satu variabel yaitu partisipasi komite sekolah. Subjek penelitian ini adalah anggota anggota komite sekolah tetap yang berjumlah 11 orang dan guru yang berjumlah 1 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, wawancara tidak terstruktur, serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, menurut hasil angket dengan dibuktikan dari hasil wawancara dan hasil dokumentasi, partisipasi komite sekolah sebagai badan pertimbangan masuk kategori berhasil(70,00%) kegiatan yang terlaksana diantaranya memberikan pertimbangan dalam pedataan sumber daya sekolah(45,45%), memberikan pertimbangan dalam penyusunan RKAS/RAPBS(86,36%), memberikan pertimbangan terhadap kondisi tenaga pendidikan sekolah (77,27%), memberikan pertimbangan sistem pembelajaran sekolah (68,18%), memberikan pertimbangan terhadap sarana prasarana sekolah (72,73%), partisipasi sebagai badan pendukung masuk kategori kurang berhasil(69,77%) kegiatan yang telah terlaksana diantaranya medorong orangtua dan masyarakat berpartisipasi dalam penididikan(71,43%), menggalang dana dalam rangka pembiayaan pendidikan (83,33%), mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat dalam pendidikan (54,55%), partisipasi komite sekolah sebagai badan pengawas masuk kategori kurang berhasil (69,70%), kegiatan yang telah terlaksana memantau pelaksanaan perogram di sekolah(75,76%), memantau hasil belajar siswa(63,64%), partisipasi komite sekolah sebagai badan penghubung masuk kategori berhasil (71,02), kegiatan yang telah terlaksana melakukan kerjasama dengan masyarakat(70,45%), menampung menganalisis aspirasi ide tuntutan dan kebutuhan pendidikan yang diajukan masyarakat (71,59%). Kata Kunci: Partisipasi, Komite Sekolah, MPMBS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Dec 2016 02:35
Last Modified: 30 Jan 2019 12:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44332

Actions (login required)

View Item View Item