Baiq Denta, Riana Sari (2016) PENERAPAN ICE BREAKINGUNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN SANITASI HYGIENE DI SMKN 3 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
Baiq denta 17.pdf Download (512kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswakelas X Tata Boga dengan menerapkan ice breaking pada mata pelajaran sanitasi hygienetahun ajaran 2015/2016 di SMKN 3 Wonosari, Wonosari, Gunungkidul Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TB 2 SMKN 3 Wonosari, Wonosari, Gunungkidul sebanyak 32 siswa. Desain penelitian yang digunakanadalah model Kemmis dan Taggartyang berisi tahap perencanaan,pelaksanaan tindakan dan observasi, dan refleksi. Pengumpulan datayang digunakan adalahpanduan observasi dan skala motivasi untuk mengukur motivasi belajar SanitasiHygiene. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada siswa (0%) yang memiliki motivasi belajar tinggi pada pra tindakan, 11 orang (34,38%) kategori motivasi belajar sedang, dan sebanyak 21 orang (65,62%) kategori rendah. Pada siklus I sebanyak 14 orang (43,15%) kategori tinggi, 18 orang (56,25%) kategori sedang dan 0 orang (0%) kategori rendah. Sedangkan siklus II 28 orang (87.50%) kategori tinggi, sebanyak 4 orang (12,50%) kategori sedang, dan 0 orang (0%) kategori rendah. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II meningkat. Sedangkan dilihat dari indikator motivasi belajar, bahwa semua indikator mengalami peningkatan dari pra tindakan, siklus I dan siklus II Kata Kunci: Motivasi Belajar, Ice Breaking
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 02:37 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44326 |
Actions (login required)
View Item |