Endarti, Arief (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN BOGA DASAR KELAS X-JBG-3 SMK N 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
ARIEF ENDARTI 12511241033.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Boga Dasar merupakan salah satu mata pelajaran teori sekaligus praktikum pada kelas X SMK jurusan Jasa Boga. Mata pelajaran ini seharusnya memberikan kesempatan siswa untuk aktif sesuai dengan yang dirancangkan pada kurikulum 2013. Namun demikian pembelajaran teori di Boga Dasar kelas X-JBG-3 di SMK Negeri 4 Yogyakarta masing sering menggunakan metode pembelajaran konvensional. Imbasnya, hasil belajar mata pelajaran Boga Dasar masih belum mencapai target ketuntasan yang telah ditentukan dan sikap siswa dalam pembelajaran tidak nampak. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapkan metode pembelajaran inkuiri, (2) meningkatkan hasil belajar Boga Dasar dan (3) sikap siswa kelas X-JBG-3 di SMK Negeri 4 Yogyakarta dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 4 dan 11 februari 2016 dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-JBG-3 SMK Negeri 4 Yogyakarta dengan jumlah siswa ada 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan uji validitas construck melalui e x p e r t j u d g e m e n n t dan analisis butir soal dengan menggunakan analisis tingkat kesulitan soal, analisis daya beda serta analisis validitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan perhitungan skor rata-rata menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian: (1) penerapan metode pembelajaran inkuiri dengan tahap mengidentifikasi masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, menguji hipotesis dan menarik kesimpulan. (2) Hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan pada mata pelajaran Boga Dasar siswa kelas X-JBG-3 SMK Negeri 4 Yogyakarta menggunakan metode pembelajaran inkuiri pada siklus I ke siklus II. Hasil belajar siklus I mengalami peningkatan sebesar 22.06% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 55.93%. (3) Sikap siswa dalam hal tanggung jawab, Kerjasama, percaya diri, toleransi dan kejujuran memiliki skor rata-rata 89% pada siklus I dan pada siklus II sikap siswa mengalami peningkatan menjadi 94.4%. Kata Kunci : Hasil Belajar Boga Dasar, Metode Pembelajaran Inkuir
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 01:46 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44325 |
Actions (login required)
View Item |