KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA

Ardiyanto, Ardiyanto (2016) KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ardiyanto 17.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: Mengetahui kesulitan belajar mempelajari mata pelajaran sistem kelistrikan otomotif faktor internal dan eksternal siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Perindustrian Yogyakarta dalam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Perindustrian Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian populasi karena seluruh siswa kelas XI TKR SMK Perindustrian Yogyakarta yang berjumlah 69 siswa dijadikan subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis data deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kesulitan belajar yang berasal dari diri siswa (internal) terdiri dari faktor fisiologi dan psikologi. Skor yang diperoleh dari faktor fisiologi sebesar 43,75%, tergolong dalam katagori sedang, skor faktor psikologi sebesar 61,84% dalam kategori sedang. Dari analisis data yang didapatkan hasil bahwa faktor internal siswa memiliki skor sebesar 52,79% dalam kategori sedang. Faktor kesulitan belajar yang berasal dari luar diri siswa (external) terdiri dari faktor keluarga, sekolah, dan masyarakat. Skor yang diperoleh dari faktor keluarga adalah sebesar 52,29% dalam kategori sedang. Skor yang diperoleh dari faktor sekolah sebesar 62,68% dalam kategori sedang faktor masyarakat sebesar 50,05%, dalam kategori sedang. Secara keseluruhan faktor external memiliki skor 53,26%, faktor external dalam kategori sedang. Diantara faktor internal dan external yang paling banyak menyebabkan kesulitan belajar mata pelajaran sistem kelistrikan otomotif di SMK perindustrian Yogyakarta adalah faktor kultur sekolah dengan skor sebesar 67,39% dalam kategori tinggi. Kata kunci: kesulitan belajar, sistem kelistrikan otomotif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Dec 2016 02:35
Last Modified: 30 Jan 2019 12:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44321

Actions (login required)

View Item View Item