LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Risa Umami, Risa Umami (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 UNY program kependidikan, sebab orientasi utamanya ialah kependidikan. Dalam pendidikan terkandung pembinaan (kepribadian), pengembangan (kemampuan atau potensi), peningkatan (pengetahuan), dan tujuan, yang ditujukan pada peserta pendidikan (peserta didik) untuk diwujudkan dalam kehidupan. Kegiatan KKN-PPL dilaksanakan kurang lebih selama dua setengah bulan, dimana mahasiswa KKN-PPL harus benar-benar mempersiapkan diri baik mental maupun fisik. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SLB Negeri 1 Bantul yang beralamat di Jl.Wates No. 147 KM. 3, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta dan berlangsung dari tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan PPL yaitu praktik mengajar dari kelas TK hingga kelas 6. Persiapan yang dilakukan yaitu observasi, bimbingan dengan dosen pembimbing, persiapan sebelum mengajar (pembuatan RPP, pembuatan media, dan konsultasi dengan guru kelas maupun guru pembimbing). Dalam pelaksanaan yaitu adanya persiapan, pelaksanaan mengajar dengan 11 kali praktik mengajar, analisis hasil pelaksanaan PPL dan refleksi. PPL yang dilakukan selama kurang lebih 2 bulan yaitu dari tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014 berjalan dengan lancar. Meskipun dalam pelaksanaannya terdapat hambatan-hambatan namun hal tersebut tidak menjadi masalah yang berarti. Banyak manfaat dan pengalaman yang didapat mahasiswa praktikan selama melaksanakan PPL di SLB N 1 Bantul.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Dec 2016 23:45
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44308

Actions (login required)

View Item View Item