Pengaruh Pelatihan Guru, Pengadaan Media Pembelajaran dan Pengadaan Buku dalam Program Matching Grant terhadap Kualitas Proses Belajar-mengajar di SMP/MTs di Kabupaten Bantul

Wahyudi, Wahyudi (2010) Pengaruh Pelatihan Guru, Pengadaan Media Pembelajaran dan Pengadaan Buku dalam Program Matching Grant terhadap Kualitas Proses Belajar-mengajar di SMP/MTs di Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wahyudi-01735150.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pelatihan guru, pengadaan media pembelajaran dan pengadaan buku dalam program Matching Grant terhadap kualitas proses belajar-mengajar di SMP/MTs di Kabupaten Bantul. Populasi penelitian ini adalah 55 sekolah yang menerima Matching Grant di Kabupaten Bantul, sedangkan sumber datanya adalah 139 guru mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Biologi dan Geografi yang mengikuti pelatihan demand driven dari 15 sekolah sampel yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif, korelasi product moment, korelasi parsial dan analisis regresi dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa: persepsi guru terhadap pelatihan guru yang dilaksanakan dalam program Matching Grant berada pada kategori cukup baik; persepsi guru terhadap pengadaan media pembelajaran berada pada kategori cukup baik; persepsi guru terhadap pengadaan buku berada pada kategori cukup baik dan kualitas proses belajar-mengajar juga berada pada kategori cukup baik. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa pelatihan guru, pengadaan media pembelajaran dan pengadaan buku berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas proses belajar-mengajar di SMP/MTs di Kabupaten Bantul. Pelatihan guru memberi kontribusi sebesar 21,416% terhadap kualitas proses belajar- mengajar, pengadaan media pembelajaran menyumbang 8,858% terhadap kualitas proses belajar-mengajar, dan pengadaan buku berkontribusi 12,337% terhadap kualitas proses belajar-mengajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pelatihan guru, pengadaan media pembelajaran, pengadaan buku, Program Matching Grant, kualitas proses belajar-mengajar
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:34
Last Modified: 29 Jan 2019 08:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44306

Actions (login required)

View Item View Item