Hambatan-Hambatan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Seyegan Yogyakarta

Ivan, Prasetya N. (2015) Hambatan-Hambatan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Seyegan Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Ivan Prasetya N. 16.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1)hambatan gurujurusanTeknikKendaraanRingan di SMK Negeri 1 Seyegandalam pelaksanaan kurikulum 2013 dilihat dari perencanaan pembelajaran. (2)hambatan gurujurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Seyegan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dilihat dari pelaksanaan proses pembelajaran. (3)hambatan guru jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Seyegan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dilihat dari evaluasi hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian mix method yaitu kombinasi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Subyek penelitian adalah guru Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Seyegan Yogyakarta yang berjumlah 8 (delapan) orang. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan melalui penilaian para ahli (Judgement Expert). Data disajikan berdasarkan hasil analisis data yang dihasilkan dan diinterpretasikan sesuai dengan kriteria indikator yang diukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)hambatan guru jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Seyegan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dilihat dari perencanaan pembelajaran dengan skor 13,5 berada pada rentang 13,5 – 15,273 dengan kategori cukup banyak hambatan. Hambatan tertinggi ada pada indikator pendesainan pembelajaran yang berorientasi pada siswa. (2)hambatan guru jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Seyegan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dilihat dari proses pelaksanaan pembelajaran dengan skor 13,00 berada pada rentang 13,00 – 15,366 dengan kategori cukup banyak hambatan. Hambatan tertinggi ada pada indikator mengajak siswa untuk aktif (3)hambatan guru jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Seyegan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dilihat dari perencanaan proses pembelajaran dengan skor 13,43 berada pada rentang 13,43 – 15,8 dengan kategori cukup banyak hambatan. Hambatan tertinggi ada pada indikator penilaian secara lengkap, detail dan menyeluruh. Kata kunci: hambatan, pelaksanaan, kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Dec 2016 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 12:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44299

Actions (login required)

View Item View Item