BANGUNAN INDIS SEBAGAI OBJEK PENCIPTAAN LUKISAN

Cahyaningrat, Suksma Jati (2016) BANGUNAN INDIS SEBAGAI OBJEK PENCIPTAAN LUKISAN. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
TAKS SUKSMA JATI CAHYANINGRAT.PDF

Download (15MB) | Preview

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskrepsikan konsep penciptaan proses visualisasi, tema, teknik dan bentuk lukisan dengan judul Bangunan Indis Sebagai Objek Penciptaan Lukisan. Metode yang digunakan adalah metode observasi,eksperimentasi, dan visualisasi.Observasi yaitu pengamatan secara langsung dan tidak langsung menggunakan bantuan fotografi. Selanjutnya eksperimen dilakukan untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan teknis visual yang optimal menggunakan cat minyak dengan teknik basah. Selain untuk mencapai hasil visual yang baik, eksperimentasi dilakukan untuk menyesuaikan objek dengan gaya realistik. Setelah dilakukan pembahasan dan penciptaan maka dapat disimpulkan bahwa1) konsep penciptaan lukisan adalah kekaguman serta keprihatinan terhadap bangunan Indis yang memiliki nilai historis, arkeologis dan estetis. Ungkapan tersebut diwujudkan dengan melukiskannya secara realistik dengan melukiskannya secara realistik dengan memperhatikan ketepatan, baik ketepatan proporsi, warna, perspektif serta karakter bangunan Indis tersebut. Harapan pelukisan bangunan Indis ini supaya perhatian terhadap bangunan Indis lebih mendapatkan perhatian dan kesadaran terhadap salah satu hasil kebudayaan yang pernah ada di Indonesia khususnya Jawa Tengah.2) Tema lukisan adalah bangunan Indis yang berada di Jawa Tengah yang berbagai bentuk dan keadaannya, baik bangangunan dalam keadaan terawat atau bangunan rusak yang dialih fungsikan, bangunan yang bermacam- macam bentuknya yang ditampilkan secara realistik. 3) Proses yang dilakukan dalam penciptaan lukisan ini menggunakan bantuan fotografi. Penggambarannya dengan menggunakan alat seperti penggaris, kuas, pisau palet, kain lap, dan wadah berisi bensin. Bahan yang digunakan adalah cat minyak, pelarut, dan kanvas. Teknik yang digunakan adalah teknik basah dan pengunaan cat secara impasto. Proses melukis dimulai dengan sketsa pada kanvas dilanjutkan proses pewarnaan dan finishing.4) Bentuk lukisan adalah realistik,dikerjakan berdasarkan interpretasi terhadap objek. Hasil lukisan tersebut adalah : “Artilleri-Kavalleri, Mangkunegaran”(120x90cm) ”Loji Gandrung, Surakarta” (125cmx90cm)“Sudut Kota Lama, Semarang”(120x90) “Gedung Kuning, Semarang” (120cnx90 cm )” Komplek karesidenan Kedu I, Magelang” (125cmx90 cm) Komplek karesidenan Kedu II, Magelang” (120 x 90 cm) “Home Stay Gondang Winangoen, Klaten” (120x90 cm ) “Rumah Sakit Jiwa,Magelang”(110cmx9cm).“Pabrik Rokok praoe Lajar,Semarang” (100cmx80cm),“Kantor Bupati, Purworejo”(120cmx90cm).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 07 Dec 2016 01:46
Last Modified: 30 Jan 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44297

Actions (login required)

View Item View Item