PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN METODE SAINTIFIK MATERI VOLUME BANGUN RUANG UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Nurhayati, Dwi and Marsigit, Marsigit (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN METODE SAINTIFIK MATERI VOLUME BANGUN RUANG UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNY.

[img] Text
AWAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
SAMPUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education dengan metode Saintifik materi volume bangun ruang untuk siswa SMP kelas VIII. Kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari tiga aspek kualitas yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS berbasis pendekatanRealistic Mathematics Education dengan metode Saintifik materi volume bangun ruang untuk siswa SMP kelas VIII. Hasil penilaian perangkat pembelajaran yang dilakukan oleh dua dosen ahli dan guru matematika menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan memenuhi kriteria minimal baik. Penilaian RPP oleh satu dosen ahli materi dan guru matematika mendapat skor 4,19 dengan klasifikasi valid. Sedangkan penilaian LKS oleh dua dosen ahli dan guru matematika mendapatkan skor 4,30 dengan klasifikasi sangat valid. Hasil analisis data angket respon guru dan siswa menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dikatakan praktis dengan nilai rata-rata total 4,14. Dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan klasifikasi baik dengan persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mencapai 86,7%. Hasil penilaian kompetensi siswa menunjukkan perangkat pembelajaran dikatakan sangat efektif karena memenuhi klasifikasi ketuntasan klasikal mencapai 82,14%. Kata kunci: perangkat pembelajaran, Realistic Mathematics Education, Saintifik, volume bangun ruang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 07 Dec 2016 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44291

Actions (login required)

View Item View Item