UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO KLIP BERLIRIK LAGU PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN

LinggarKusuma, Visita (2013) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO KLIP BERLIRIK LAGU PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Visita Linggar Kusuma_08201244041.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAKMELALUI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO KLIPBERLIRIK LAGU PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA N 1 DEPOK SLEMAN OlehVisitaLinggarKusuma NIM 08201244041 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama satu babak melalui media pembelajaran video klip berlirik lagu pada siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observasing), danrefleksi (reflecting). Tindakan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data diperoleh melalu angket, catatan lapangan, dan lembar pengamatan. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif yang mencakup analisis data proses dan analisis data produk atau hasil. Data kuantitatif dievaluasi dengan menggunakan pedoman penilaian penulisan naskah drama. Validitas yang digunakan adalah validitas demokratik, validitas proses danvaliditas dialogis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai penulisan naskah drama pratindakan/pretes sebesar 5,22. Padasiklus I siswa memperoleh rata-rata nilai menulis naskah drama sebesar 6,94, yang berarti keterampilan menulis naskah drama siswa meningkat 1,72 dari nilai rata-rata pratindakan sebesar 5,22. Keterampilan menulis naskah drama siswa juga mengalami peningkatan sebesar 0,54 yaitu dari skor 6,94 menjadi 7,48 pada akhir siklus II. Berdasarkan perolehan nilai di atas, dapat disimpulkan bahwa mulai dari awal sebelum tindakan hingga sesudah tindakan nilai keterampilan menulis naskah drama siswa telah mengalami peningkatan sebesar 2,26 yaitu dari skor 5,22 menjadi 7,48. Kurangnya minat siswa selama proses tindakan dan kurangnya sarana prasarana yaitu tidak adanya buku tentang pembelajaran menulis naskah drama satu babak secara khusus serta contoh-contoh naskah drama dalam proses pembelajaran menulis naskah drama menjadi penghambat utama. Hal tersebut dapat diatasi oleh guru menggunakan media pembelajaran video klip berlirik lagu, sehingga siswa mengembangkan gagasan dengan lancar dalam menulis naskah drama satu babak serta siswa merasa nyaman dandapat memunculkan ide serta gagasan dengan lebih mudah. Hasil penulisan naskah drama yang meningkat juga dibarengi dengan meningkatnya kualitas proses belajar mengajar siswa di dalam kelas. Siswa lebih aktif serta lebih antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Selain itu juga berkembangnya variasi belajar pada siswa membuat siswa merasa senang dan tidak jenuh .Guru juga memiliki metode mengajar yang lebih beragam sehingga memacu guru untuk selalu kreatif dalam mengajar. Kata Kunci: Peningkatan, ketrampilan menulis naskah drama, melalui video klip, lirik lagu, siswa SMA

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, ketrampilan menulis naskah drama, melalui video klip, lirik lagu, siswa SMA.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 Dec 2016 06:56
Last Modified: 30 Jan 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44290

Actions (login required)

View Item View Item