Kurniadi, Aliv Lukman (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PILAH KARTU (CARD SORT) PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI 1 SRANDAKAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.
Text
Aliv Lukman Kurniadi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan teknik pilah kartu (card sort) pada siswa kelas IV B SD N 1 Srandakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classoom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD N 1 Srandakan yang berjumlah 21 anak. Objek penelitian ini adalah hasil belajar PKn siswa kelas IV B SD N 1 Srandakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, pengamatan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan ditandai dengan ≥ 75% dari jumlah siswa memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik pilah kartu (card sort) meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada siklus I dan II. Pada siklus I siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 mengalami peningkatan sebesar 36% dari kondisi awal 40% menjadi 76%. Pada siklus II meningkat sebesar 19% menjadi 95%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I meningkat sebesar 5,8% dari kondisi awal 65 menjadi 70,48 kemudian meningkat lagi pada siklus II sebesar 7,14% menjadi 77,62. Kata kunci: hasil belajar, PKn, teknik pilah kartu (card sort)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 04:40 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44289 |
Actions (login required)
View Item |