MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PILAH KARTU (CARD SORT) PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI 1 SRANDAKAN BANTUL YOGYAKARTA

Kurniadi, Aliv Lukman (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PILAH KARTU (CARD SORT) PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI 1 SRANDAKAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Aliv Lukman Kurniadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan teknik pilah kartu (card sort) pada siswa kelas IV B SD N 1 Srandakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classoom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD N 1 Srandakan yang berjumlah 21 anak. Objek penelitian ini adalah hasil belajar PKn siswa kelas IV B SD N 1 Srandakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, pengamatan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan ditandai dengan ≥ 75% dari jumlah siswa memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik pilah kartu (card sort) meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada siklus I dan II. Pada siklus I siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 mengalami peningkatan sebesar 36% dari kondisi awal 40% menjadi 76%. Pada siklus II meningkat sebesar 19% menjadi 95%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I meningkat sebesar 5,8% dari kondisi awal 65 menjadi 70,48 kemudian meningkat lagi pada siklus II sebesar 7,14% menjadi 77,62. Kata kunci: hasil belajar, PKn, teknik pilah kartu (card sort)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Dec 2016 04:40
Last Modified: 30 Jan 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44289

Actions (login required)

View Item View Item