NILAI-NILAI MORAL DAN BUDAYA DALAM KUMPULAN CERPEN ROBOHNYA SURAU KAMI KARYA A.A NAVIS DAN KESESUAIANNYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Sayoga, Tomy (2012) NILAI-NILAI MORAL DAN BUDAYA DALAM KUMPULAN CERPEN ROBOHNYA SURAU KAMI KARYA A.A NAVIS DAN KESESUAIANNYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Tomy Sayoga_085201244037.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

NILAI-NILAI MORAL DAN BUDAYA DALAM KUMPULAN CERPEN ROBOHNYA SURAU KAMI KARYA A.A NAVIS DAN KESESUAIANNYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA Tomy Sayoga (05201244037) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan dan mendeskripsikan nilainilai moral dan budaya yang terdapat pada kumpulan cerepen Robohnya Surau Kami karya A.A Navis, (2) menemukan kesesuaian nilai-nilai budaya dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau kami sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerpen karya A.A Navis yang berjudul Robohnya Surau Kami dan diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta, April 2012 pada cetakan kedelapanbelas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian analisis konten dengan teknik analisis kualitatif. Pengujian validitas data diukur dengan validitas semantik dan pengujian reliabilitas dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reliabilitas intrarater, yaitu membaca dan meneliti secara berulang-ulang hingga menemukan data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai moral yang terdapat dalam kumpulan cerpen Robohnya Surau Kami meliputi: hubungan manusia dengan Tuhan (religi), hubungan manusia dengan sesama manusia (sosial), hubungan manusia dengan akam sekitar, hubungan manusia dengan diri sendiri. Nilai moral yang mencerminkan hubungan manusia dengan Tuhan (religi) meliputi: (a) mengakui adanya Tuhan, (b) berdoa dan beribadah, (c) bersyukur, (d) tawakal. Nilai moral yang mencerminkan hubungan manusia dengan sesma manusia (sosial) meliputi: (a) tolong menolong, (b) menasehati, (c) kasih sayang, (d) minta maaf, (e) saling menghormati, (f) sikap tanggung jawab. Nilai moral yang mencerminkan hubungan manusia dengan alam sekitar yaitu: (a) menghargai alam. Adapun nilai moral dalam konteks hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi: (a) bekerja keras, (b) sabar, (c) tegar, (d) sombong, (e) egois, (f) berprasangka buruk. Nilai-nilai moral dalam kumpulan cerpen ini sesuai bila dijadikan sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA. Pertama, sesuai dengan salah satu tujuan pendidikan sastra Indonesia karena dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran siswa demi meningkatkan sikap budi pekerti mereka. Kedua, sesuai diajarkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), yaitu pada kelas X semester 1 dengan Standar Kompetensi (SK): berbicara dan pada kelas XI semester 2 dengan Standar Kompetensi (SK): mendengarkan. Ketiga, aspek bahasa dalam kumpulan cerpen tersebut mudah dipahami siswa. Aspek psikologis dapat dijadikan siswa sebagai pedoman dalam beretika dimana saja berada. Aspek latar belakang budaya dalam kumpulan cerpen tersebut dapat dimanfaatkan siswa sebagai tambahan pengetahuan dan pengenalan keanekaragaman budaya Indonesia dan wawasan tentang nilai-nilai moral dan budaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MORAL DAN BUDAYA, ROBOHNYA SURAU KAMI, PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:40
Last Modified: 30 Jan 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44280

Actions (login required)

View Item View Item