KEEFEKTIFAN METODE DEBAT PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MAGELANG

Haryati, Sri (2013) KEEFEKTIFAN METODE DEBAT PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MAGELANG. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Sri Haryati_08201244064.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

KEEFEKTIFAN METODE DEBAT PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MAGELANG Oleh Sri Haryati 08201244064 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan perbedaan keterampilan berbicara mengungkapkan komentar antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan metode debat pemecahan masalah dan siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa menggunakan metode debat pemecahan masalah pada siswa kelas X SMA N 5 Magelang, (2) mengujicobakan keefektifan penggunaan metode debat pemecahan masalah dalam pembelajaran berbicara untuk mengungkapkan komentar pada siswa kelas X SMA N 5 Magelang. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini, yaitu variabel bebas (metode debat pemecahan masalah) dan variabel terikat (berbicara mengungkapkan komentar). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMA N 5 Magelang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple rondom sampling untuk menentukan kelompok kontrol (X F) dan kelompok eksperimen (X H) dan quota simple rondom sampling untuk menentukan jumlah sampel kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing 18 siswa. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes. Validitas instrumen adalah validitas isi. Uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas yang sepenuhnya dibantu dengan program SPSS 16.0. Hasil penelitian ini ada dua, yaitu (1) terdapat perbedaan keterampilan berbicara mengungkapkan komentar antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan metode debat pemecahan masalah dan siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa menggunakan metode debat pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t skor posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang menunjukkan bahwa t hitung 5,199 db = 34 dan harga p = 0,00. Harga p < 0,05. (2) penggunaan metode debat pemecahan masalah dalam pembelajaran berbicara untuk mengungkapkan komentar lebih efektif daripada pembelajaran tanpa menggunakan metode debat pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t skor posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang menunjukkan bahwa, t hitung 5,199 db = 34 dan harga p = 0,00. Harga p < 0,05. Kata kunci: metode debat pemecahan masalah dan berbicara mengungkapkan komentar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode debat pemecahan masalah dan berbicara mengungkapkan komentar.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:31
Last Modified: 30 Jan 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44277

Actions (login required)

View Item View Item