PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BOGA DASAR UNTUK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 4 SURAKARTA

Yuni, Iriyanti (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BOGA DASAR UNTUK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 4 SURAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Yuni Iriyanti 15.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan modul Boga Dasar, (2) kelayakan modul pembelajaran Boga Dasar, dan (3) penggunaan modul pembelajaran Boga Dasar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 4 Surakarta. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian dilakukan di SMK Negeri 4 Surakarta terhitung pada bulan November 2015 sampai dengan bulan Mei 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang dosen ahli media, 1 orang dosen ahli materi, dan 84 siswa di SMK Negeri 4 Surakarta. Instrumen berupa kuesioner sebagai lembar penilaian untuk validator ahli materi, validator ahli media, siswa, dan tes sebagai lembar penilaian bagi siswa. Validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Croncbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah: (1) pengembangan modul pembelajaran Boga Dasar dikembangkan berdasarkan menggunakan model 4D. Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (pendefinisian) terdiri dari analisis kebutuhan yaitu analisis kebutuhan, analisis konsep, referensi materi, dan spesifikasi tujuan; Design (perancangan) terdiri dari pemilihan tema, pemilihan media, pemilihan format penyajian, dan rancangan awal; Develop (pengembangan) terdiri dari validasi ahli materi dan media, revisi I, evaluasi ahli materi dan media, produk modul boga dasar, dan uji kelayakan ke responden; Disseminate (penyebaran) terdiri dari penyebaran modul ke siswa pada saat penelitian; (2) kelayakan modul pembelajaran boga dasar ditinjau dari aspek materi pembelajaran kategori baik, aspek kemenarikan modul kategori baik, aspek materi kategori baik, penilaian secara keseluruhan kategori baik; dan (3) penggunaan modul pembelajaran Boga Dasar dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas X di SMK N 4 Surakarta. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata pretest sebesar 70,77 dengan ketuntasan sebesar 53,57%, dan nilai rata-rata posttest sebesar 85,06 dengan ketuntasan siswa sebesar 100% pada KKM sebesar > 75. Kata kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Boga Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Dec 2016 01:58
Last Modified: 30 Jan 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44272

Actions (login required)

View Item View Item