PENGGUNAAN MEDIA WORD WALLS DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA PEMBELAJAR ASING TINGKAT INTERMEDIATE WISMA BAHASA YOGYAKARTA

Aminingsih, Siti (2013) PENGGUNAAN MEDIA WORD WALLS DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA PEMBELAJAR ASING TINGKAT INTERMEDIATE WISMA BAHASA YOGYAKARTA. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Siti Aminingsih_06201241032.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGGUNAAN MEDIA WORD WALLS DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA PEMBELAJAR ASING TINGKAT INTERMEDIATE DI WISMA BAHASA YOGYAKARTA Siti Aminingsih NIM 06201241032 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan kemampuan kosakata Bahasa Indonesia pembelajar asing tingkat intermediate di Wisma Bahasa Yogyakarta melalui penggunaan media word walls. Penelitian ini juga bertujuan mendeskripsikan perbandingan kemampuan awal kosakata yang dimiliki siswa asing tingkat intermediate sebelum dan sesudah penggunaan media word walls dalam pembelajaran kosakata Bahasa Indonesia bagi siswa asing tingkat intermediate Wisma Bahasa Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa asing sejumlah empat orang yang merupakan murid dari Wisma Bahasa Yogyakarta pada tingkat intermediate. Objek penelitian adalah kemampuan kosakata yang dimiliki oleh siswa asing. Data diperoleh melalui teknik wawancara, kuisioner, hasil tes siswa dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan analisis deskriptif. Keabsahan data diperoleh dengan cara triangulasi data, pemeriksaan sejawat dan pemeriksaan oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam proses perencanaan media word walls dapat dipergunakan sebagai media pengajaran kosakata bahasa Indonesia baik secara langsung maupun melalui pengajaran mendengarkan dan menulis. Dalam proses pelaksanaan penggunaan media word walls dalam pembelajaran kosakata bahasa Indonesia siswa asing tingkat intermediate, media word walls dapat digunakan sebagai media pengajaran dalam pembelajaran kosakata bahasa Indonesia baik melalui pengajaran langsung kosakata bahasa Indonesia maupun melalui kegiatan mendengarkan dan menulis. Pada kegiatan menulis, media word walls dapat digunakan sebagai media perangsang penulisan kalimat sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penggunaan media word walls pada kemampuan awal kosakata bahasa Indonesia siswa asing tingkat intermediate Wisma Bahasa Yogyakarta hingga penggunaan media word walls kedua menunjukkan kemampuan kosakata yang dimiliki siswa asing berkembang. Hal ini ditunjukkan dengan perkembangan kemampuan kosakata siswa yang mengalami peningkatan. Siswa TGF memiliki kemampuan awal kosakata sebesar 46,7%. Berubah menjadi 66,7% dan kembali berubah menjadi 80%. Siswa SS memiliki kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa lain. Penguasaan kosakata siswa SS sebesar 40%, berubah menjadi 93,3% dan berubah lagi menjadi 100%. Siswa L memiliki kemampuan awal kosakata bahasa Indonesia sebesar 46,7%, berubah menjadi 73,3% dan berubah lagi menjadi 86,7%. Hasil tes kemampuan awal siswa TH adalah sebesar 40%, berubaht menjadi 86,7% berubah lagi menjadi 93,3% setelah penggunaan media word walls dalam pembelajaran kosakata Bahasa Indonesia. Kata Kunci : BIPA, media word walls, kosakata bahasa Indonesia, siswa asing tingkat Intermediate

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BIPA, media word walls, kosakata bahasa Indonesia, siswa asing tingkat Intermediate
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 Dec 2016 01:52
Last Modified: 06 Dec 2016 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44271

Actions (login required)

View Item View Item