PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUKURAN MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN PRAKTIK LANGSUNG PADA ANAK KELOMPOK B1 TKIT AR RAHMAAN PRAMBANAN SLEMAN

Afrenia, Wulandari (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUKURAN MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN PRAKTIK LANGSUNG PADA ANAK KELOMPOK B1 TKIT AR RAHMAAN PRAMBANAN SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengukuran melalui metode demonstrasi dan praktik langsung pada kelompok B1 TKIT AR-Rahmaan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pengukuran yang masih rendah dan belum adanya penggunaan metode demonstrasi dan praktik dalam kegiatan pengukuran sehingga kemampuan pengukuran belum optimal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Proses penelitian dilaksanakan 2 Siklus yaitu Siklus I dan Siklus II pada bulan Juli-Agustus 2016. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 TKIT AR-Rahmaan yang berjumlah 23 anak terdiri dari 13 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan konsep pengukuran melalui metode demonstrasi dan praktik langsung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan pengukuran sebesar 57,6% pada siklus I menjadi 88,9% pada Siklus II.Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan pengukuran sebagai berikut: 1). Adanya pendemonstrasian cara, langkah dan penggunaan alat pengukuran yang jelas dari guru. 2). Pemberian kesempatan praktik langsung pada anak sebesar-besarnya. 3) Penggunaan alat peraga yang sesuai dengan materi pengukuran. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode demonstrasi dan praktik langsung dapat meningkatkan kemampuan pengukuran pada anak kelompok B TKIT AR Rahmaan. Kata kunci: kemampuan pengukuran, metode demonstrasi, metode praktik langsung, anak kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Dec 2016 01:48
Last Modified: 30 Jan 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44270

Actions (login required)

View Item View Item