KEEFEKTIFAN STRATEGI REVIEWING A FILM DALAM KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF SISWA KELAS X SMA PGRI 1 TEMANGGUNG

Mollina Sabatini, Rizki (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI REVIEWING A FILM DALAM KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF SISWA KELAS X SMA PGRI 1 TEMANGGUNG. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Rizki Mollina Sabatini_08201244049.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

KEEFEKTIFAN STRATEGI REVIEWING A FILM DALAM KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF SISWA KELAS X SMA PGRI 1 TEMANGGUNG Oleh Rizki Mollina Sabatini NIM 08201244049 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis karangan narasi sugestif siswa yang diajar menggunakan strategi Reviewing a Film dengan yang diajar tanpa menggunakan strategi Reviewing a Film pada siswa kelas X SMA PGRI 1 Temanggung. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan strategi Reviewing a Film dalam pembelajaran menulis karangan narasi sugestif dibandingkan dengan pembelajaran menulis karangan narasi sugestif tanpa menggunakan strategi Reviewing a Film pada siswa kelas X SMA PGRI 1 Temanggung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol dan eksperimen pretest-postest. Penelitian ini diujicobakan terhadap populasi kelas X di SMA PGRI 1 Temanggung, kelas X1 sebagai kelompok kontrol dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji Normalitas dan uji Homogenitas dengan syarat P>0,05. Selain itu untuk mengetahui keefektifan strategi Reviewing a Film terhadap kemampuan menulis narasi sugestif, digunakan uji-t dan uji scheffe. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan menulis karangan narasi sugestif pada siswa kelompok eksperimen. Peningkatan ini dapat dilihat dari mean pretest sebesar 51,28 yang meningkat menjadi 61,64 pada posttest. Pada kelompok kontrol, peningkatan kemampuan menulis karangan narasi sugestif juga terjadi, tetapi tidak signifikan. Hasil uji-t yang menunjukkan bahwa nilai t sebesar 0,540 dengan df 24 dan signifikansi 0,014. Data tersebut menunjukkan bahwa sig. 0,014 lebih kecil dari 0,050. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang diajar menulis karangan narasi sugestif dengan penerapan strategi Reviewing a Film dan kelompok yang diajar menulis karangan narasi sugestif tanpa penerapan strategi Reviewing a Film. Dengan kata lain, penerapan strategi Reviewing a Film terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi sugestif pada siswa kelas X SMA PGRI 1 Temanggung. Kata kunci: Narasi, sugestif, reviewing a film

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Narasi, sugestif, reviewing a film
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 Dec 2016 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44267

Actions (login required)

View Item View Item