Musilia, Rega (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN TEKNIK MENCARI PASANGAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, FBS UNY.
|
Text
Rega Musilia_07201244007.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN TEKNIK MENCARI PASANGAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA Oleh Rega Musilia NIM 07201244007 ABSTRAK Latar belakang diadakannya penelitian di SMP N 2 Godean yaitu kurangnya keterampilan peserta didik dalam bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas VII SMP N 2 Godean dengan menggunakan teknik mencari pasangan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Alur penelitian meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP N 2 Godean yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, angket, lembar pengamatan, rekaman kegiatan, dan tes bercerita. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara, angket, lembar observasi, catatan lapangan, lembar penilaian bercerita. Adapun data penelitian ini meliputi data proses dan data hasil. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (validitas demokratis, validitas hasil, dan validitas proses) dan reliabilitas data. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan teknik mencari pasangan dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas VII B SMP N 2 Godean. Peningkatan proses pembelajaran, terlihat dari siswa yang lebih aktif bertanya, menjawab pertanyaan guru, dan memberikan penilaian terhadap teman. Siswa lebih konsentrasi terhadap pembelajaran, siswa lebih antusias dan berminat saat mengikuti pelajaran. Keberanian siswa lebih meningkat saat bercerita. Peningkatan juga terjadi secara produk pembelajaran, yang dapat dilihat dari peningkatan skor hasil bercerita siswa pada setiap siklus. Keterampilan bercerita siswa sebelum dikenai tindakan berkategori kurang. Namun, setelah diberi tindakan, skor rata-rata bercerita siswa kategori cukup dan baik. Peningkatan skor rata-rata tersebut dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata siswa dari pratindakan hingga siklus II (pascatindakan). Skor rata-rata siswa pada tahap pratindakan sebesar 20,98 atau 59,91%, skor rata-rata siklus I sebesar 23,45 atau 66,97%, sedangkan siklus II skor rata-rata diperoleh 26,23 atau 74,91%. Kenaikan skor rata-rata keterampilan bercerita dari tahap pratindakan hingga siklus II (pascatindakan) sebesar 16,40. Dengan demikian, pembelajaran keterampilan bercerita siswa kelas VII B SMP N 2 Godean, telah mengalami peningkatan, baik secara proses maupun produk setelah diberi tindakan menggunakan teknik mencari pasangan.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | TEKNIK MENCARI PASANGAN, SMP NEGERI 2 GODEAN |
| Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
| Date Deposited: | 06 Dec 2016 01:26 |
| Last Modified: | 30 Jan 2019 12:05 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
