Rachmawati, Vidiya and Lestari, Himmawati Puji (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATERI GEOMETRI DENGAN MODEL GUIDED INDUCTIVE INQUIRY UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
|
![]() |
Text
Halaman Judul.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (697kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Lampiran A-F.pdf Restricted to Repository staff only Download (45MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS untuk pembelajaran dengan model guided inductive inquiry pada materi geometri untuk siswa SMP kelas VIII serta mendeskripsikan perangkat pembelajaran yang berkualitas baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatansiswa (LKS) denga nmengacu pada model pengembangan 4D yang meliputi define, design, development, dan dissemination. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIIIdan 1 guru matematika di SMP Negeri 3Godean, Sleman. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu: 1) lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, 2) angket respon guru dan siswa terhadap penggunaan RPP dan LKS serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan 3) soal tes hasil belajar siswa untuk mengukur keefektifan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika terdiridari 3 RPP dan 8 LKS untuk pembelajaran dengan model guided inductive inquiry pada materi geometri SMP kelas VIII yang berkualitas baik ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. (1) Kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh skor rata-rata RPP yaitu 4,62 dari skor maksimal 5 yang berarti sangat baik dan skor rata-rata LKS yaitu 4,48 dari skor maksimal 5 yang berarti sangatbaik. (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh skor rata-rata angket respon siswa terhadap penggunaan LKS yaitu 4,13 dari skor maksimal 5 yang berarti baik, skor rata-rata angket respon guru terhadap penggunaan LKS yaitu 4,54 dari skor maksimal 5 yang berarti sangat baik, dan angket respon guru terhadap penggunaan RPP yaitu 4,1 dari skor maksimal 5 yang berarti baik serta rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai 93,3% dengan kriteria sangat baik. (3) Keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif ditunjukkan oleh persentase ketuntasanbelajar siswa yaitu 87,5 % yang berarti sangatbaik. Kata kunci: perangkat pembelajaran, guided inductive inquiry, geometri
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 01:42 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |