PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATERI GEOMETRI DENGAN MODEL GUIDED INDUCTIVE INQUIRY UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Rachmawati, Vidiya and Lestari, Himmawati Puji (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATERI GEOMETRI DENGAN MODEL GUIDED INDUCTIVE INQUIRY UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text
Lampiran A-F.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS untuk pembelajaran dengan model guided inductive inquiry pada materi geometri untuk siswa SMP kelas VIII serta mendeskripsikan perangkat pembelajaran yang berkualitas baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatansiswa (LKS) denga nmengacu pada model pengembangan 4D yang meliputi define, design, development, dan dissemination. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIIIdan 1 guru matematika di SMP Negeri 3Godean, Sleman. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu: 1) lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, 2) angket respon guru dan siswa terhadap penggunaan RPP dan LKS serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan 3) soal tes hasil belajar siswa untuk mengukur keefektifan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika terdiridari 3 RPP dan 8 LKS untuk pembelajaran dengan model guided inductive inquiry pada materi geometri SMP kelas VIII yang berkualitas baik ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. (1) Kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh skor rata-rata RPP yaitu 4,62 dari skor maksimal 5 yang berarti sangat baik dan skor rata-rata LKS yaitu 4,48 dari skor maksimal 5 yang berarti sangatbaik. (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh skor rata-rata angket respon siswa terhadap penggunaan LKS yaitu 4,13 dari skor maksimal 5 yang berarti baik, skor rata-rata angket respon guru terhadap penggunaan LKS yaitu 4,54 dari skor maksimal 5 yang berarti sangat baik, dan angket respon guru terhadap penggunaan RPP yaitu 4,1 dari skor maksimal 5 yang berarti baik serta rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai 93,3% dengan kriteria sangat baik. (3) Keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif ditunjukkan oleh persentase ketuntasanbelajar siswa yaitu 87,5 % yang berarti sangatbaik. Kata kunci: perangkat pembelajaran, guided inductive inquiry, geometri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 07 Dec 2016 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44259

Actions (login required)

View Item View Item