PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK KELAS X SMK N 2 DEPOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY

Muhammad, Luqman (2016) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK KELAS X SMK N 2 DEPOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Muhammad Luqman 12501241044_tgl_15.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1) keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray; (2) kompetensi ranah kognitif pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray; dan (3) kompetensi ranah psikomotorik pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga tahapan antara lain: perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK N 2 Depok paket keahlian Teknik Otomasi Industri tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 31 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keaktifan belajar siswa dan kompetensi ranah psikomotorik yaitu skala rating. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kompetensi ranah kognitif yaitu post tes yang terdiri dari soal pilihan ganda dan uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus I keaktifan belajar siswa sebesar 77,39%, siklus II sebesar 78,44% ,dan siklus III sebesar 80,90%. Peningkatan keaktifan belajar siswa diikuti peningkatan kompetensi ranah kognitif. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus I kompetensi ranah kognitif siswa sebesar 65,52%, siklus II sebesar 84,62% ,dan siklus III sebesar 93,55%. Selain itu kompetensi ranah psikomotorik mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus I kompetensi ranah psikomotorik siswa sebesar 87,92%, siklus II sebesar 88,19% , dan siklus III sebesar 86,39%. Kata kunci: keaktifan belajar siswa dan model pembelajaran two stay two stray

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 06 Dec 2016 08:27
Last Modified: 30 Jan 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44257

Actions (login required)

View Item View Item