Larasati, Agusti Eka Dyah and Djamilah Bondan, Widjajanti (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI HEURISTIK POLYA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK PGRI 1 SENTOLO. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (429kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Halaman Awal.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui strategi heuristik Polya dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa SMK PGRI 1 Sentolo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain One-Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 1 Sentolo. Dari tiga kelas yang ada, secara acak dipilih satu kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X AK 1 yang terdiri dari 26 siswa dan diberikan perlakuan pembelajaran matematika melalui strategi heuristik Polya dengan pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis, angket kemandirian belajar siswa, serta lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran di kelas. Validitas instrumen menggunakan validitas isi oleh para ahli dengan hasil layak digunakan dengan revisi. Pada penelitian ini, pembelajaran matematika melalui strategi heuristik Polya dengan pendekatan saintifik dikatakan efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis apabila nilai posttest lebih besar dari nilai pretest, dan terdapat lebih dari 75% siswa mencapai skor minimal 75. Sedangkan apabila ditinjau dari kemandirian belajar siswa, pembelajaran dikatakan efektif jika skor angket akhir lebih dari skor angket awal dan terdapat lebih dari 75% siswa yang mencapai kategori Baik. Untuk mengetahui efektif atau tidaknya pembelajaran matematika melalui strategi heuristik Polya dengan pendekatan saintifik ditinjau dari masing-masing variabel terikat, data dianalisis secara dengan analisis one sample t-test dan uji proporsi z. Hasil analisis data menggunakan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran matematika melalui strategi heuristik Polya dengan pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (2) pembelajaran matematika melalui strategi heuristik Polya dengan pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMK PGRI 1 Sentolo. Kata kunci: strategi heuristik Polya, saintifik, kemampuan berpikir kreatif matematis, kemandirian belajar siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 01:38 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |